Komitmen Pengembangan Secuil Surga di Temajuk Perlu Diperkuat

Kolaborasi antara pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten serta berbagai pihak lainnya mengembangkan potensi tersebut salah satunya dengan menjadikan daerah wisata Temajuk sebagai salah satu daerah prioritas wisata Kalbar dan bahkan nasional.
Kawasan Temajuk./Merahputih.com
Kawasan Temajuk./Merahputih.com

Bisnis.com, PONTIANAK - Perusahaan Daerah (Perusda) Aneka Usaha Kalbar menyoroti perlunya percepatan dan memperkuat sinergi para pihak untuk pengembangan obyek wisata di Temajuk, Kabupaten Sambas yang berada di beranda negeri atau berbatas darat langsung dengan negara Sarawak, Malaysia.

"Kekayaan potensi wisata terutama Pantai Temajuk yang berlokasi di Sambas ini dapat digali dan dikembangkan. Sehingga ketimpangan ekonomi masyarakat perdesaan dan perkotaan dapat dikikis,"ujar Direktur Utama Perusda Aneka Usaha Kalbar, Syariful Hamzah di Pontianak, Senin (11/1/2021).

Ia menambahkan kolaborasi antara pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten serta berbagai pihak lainnya mengembangkan potensi tersebut salah satunya dengan menjadikan daerah wisata Temajuk sebagai salah satu daerah prioritas wisata Kalbar dan bahkan nasional.

"Hal inilah yang coba diinisiasi oleh Perusda Kalbar dan Komisi V dan II DPRD Provinsi Kalbar. Kita baru saja melakukan kunjungan kerja ke sana," kata dia.

Menurutnya, Pemerintah Provinsi Kalbar saat ini intens mengembangkan destinasi wisata di perdesaan. Hal itu dilakukan untuk membuka lapangan kerja di perdesaan sekaligus pemberdayaan masyarakat di sekitar destinasi wisata.

"Banyak informasi yang diperoleh baik melalui masya di sana yang diwakili oleh Kades Temajuk, Atong yang merupakan jug salah satu pelopor pembangunan wisata Temajuk. Untuk kapan wilayah Sambas selaku pengelola kawasan hutan lindung gunung Raya Sambas akan dilakukan koordinasi lebih lanjut untuk penyusunan program prioritas pengembangan Desa Temajuk sebagai daerah prioritas wisata Kalbar," kata dia.

Untuk menuju Pantai Temajuk, wisatawan bisa menggunakan kendaraan roda empat atau roda dua. Di sekitar kawasan Pantai Temajuk juga dilengkapi fasilitas yang cukup lengkap bagi pengunjung seperti beberapa villa dan penginapan yang bagus dan dikelola secara profesional oleh penduduk lokal.

Selain memiliki potensi pantai yg indah bahkan bisa menyamai Bali jika dikelola dengan baik, Pantai Temajuk juga ada potensi keindahan hutan lindung Gunung Raya yang akan menjadi suatu kombinasi yang luar biasa yang tidak dimiliki daerah lain.

Kemudian ada saat tertentu ada momen panen ubur - ubur, panen lobster, pelepasan tukik (anak penyu) yang masih terjaga dengan baik bisa menjadi potensi luar biasa bagi peningkatan ekonomi dan IPM do sana.

"Kita berharap kemudahan akses ke wilayah ini selalu diperhatikan agar kawasan wisata ini benar-benar memberikan kesan untuk terus dikunjungi. Semoga kawasan wisata ini menjadi perhatian pemerintah pusat, seperti halnya lima wilayah pengembangan super strategis yaitu Danau Toba, Borobudur, Lombok Mandalika, Labuan Bajo, dan Manado-Likupang-Bitung," harap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper