Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemprov Kaltara Masih Salurkan Bansos pada 2021

Bantuan yang disalurkan berupa sembako senilai Rp200.000 per kepala keluarga (KK) dan Bantuan Sosial Tunai (BST) senilai Rp300.000 per keluarga penerima manfaat (KPM).
M. Mutawallie Sya’rawie
M. Mutawallie Sya’rawie - Bisnis.com 13 Januari 2021  |  22:03 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, BALIKPAPAN – Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara (Pemprov Kaltara) tetap menyalurkan program bantuan sosial (bansos) pada 2021.

Kepala Dinsos Kaltara Heri Rudiono menyatakan bahwa pihaknya berfungsi sebagai pengawas dan membuat laporan mengenai bantuan tersebut. 

“Teknisnya, Dinsos Kaltara bekerjasama dengan pemerintah kabupaten/kota melakukan kontrol pendapatan,” ujarnya dikutip dari Humas Kaltara, Rabu (13/1/2021).

Bantuan yang disalurkan berupa sembako senilai Rp200.000 per kepala keluarga (KK) dan Bantuan Sosial Tunai (BST) senilai Rp300.000 per keluarga penerima manfaat (KPM).

Heri menambahkan penyaluran sembako telah berjalan setiap tahun dari Januari hingga Desember secara reguler.

“Untuk pencairan bulan Januari sudah berjalan di lapangan, begitu pula dengan BST,” katanya.

Selanjutnya, dia menjelaskan dalam penyaluran bantuan sembako kepada masyarakat rentan miskin, pihaknya menggunakan transaksi yang disebut Kartu Merah Putih.

“Bantuan tersebut ditransfer melalui Kartu Merah Putih setiap bulannya dan hanya bisa bertransaksi di e-Warung yang sudah ditetapkan oleh bank,” jelas Heri.

Di sisi lain, BST akan disalurkan tiap 3 bulan sekali dalam setahun kepada kepala keluarga yang masuk dalam Data Terpadu Kementerian Sosial (DTKS) dan belum terdata dalam Program Keluarga Harapan (PKH).

Adapun, BST tersebut disalurkan melalui Himbara (Himpunan Bank Milik Negara).

“Untuk Bulungan, KTT, dan Malinau menggunakan BRI (Bank Rakyat Indonesia), Tarakan melalui BNI (Bank Nasional Indonesia), dan Nunukan menggunakan Bank Mandiri,” pungkasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bansos
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top