Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Peringati Bulan K3 Nasional 2021, Pupuk Kaltim Siapkan Ragam Kegiatan Virtual

Peringatan tahun ini dikonsep berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, di mana sebagian besar kegiatan dilaksanakan secara virtual. Hal ini sebagai upaya untuk menekan penyebaran Covid-19, dengan tetap mengacu pada protokol kesehatan secara konsisten. 
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 15 Januari 2021  |  08:04 WIB
Pupuk Kaltim menyiapkan beragam kegiatan virtual dalam rangka memperingati Bulan K3 Nasional 2021. - JIBI/Istimewa
Pupuk Kaltim menyiapkan beragam kegiatan virtual dalam rangka memperingati Bulan K3 Nasional 2021. - JIBI/Istimewa

Bisnis.com, BONTANG — Seminar kesehatan bertema Peran Vaksinasi dalam Pencegahan Infeksi dan Perkembangan Vaksin Covid-19 membuka peringatan Bulan K3 Nasional (BK3N) Tahun 2021 di Pupuk Kaltim. Seminar berlangsung secara virtual, diikuti karyawan dan keluarga besar Pupuk Kaltim pada Rabu (13/1). 

Dalam acara ini, Pupuk Kaltim juga me-launching Tim Champion Process Safety Management (PSM) Pupuk Kaltim dan program Virtual Running, Walking and Cycling (Viral 500K).

Ketua Pelaksana BK3N 2021 Pupuk Kaltim Anggono Wijaya mengatakan peringatan tahun ini dikonsep berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, di mana sebagian besar kegiatan dilaksanakan secara virtual. Hal ini sebagai upaya untuk menekan penyebaran Covid-19, dengan tetap mengacu pada protokol kesehatan secara konsisten. 

“Meski begitu, tidak mengurangi makna dan semangat insan Pupuk Kaltim untuk senantiasa menerapkan aspek K3 dalam aktivitas di seluruh unit kerja,” kata Anggono. 

Mengusung tema Penguatan SDM yang Unggul dan Berbudaya K3 pada Semua Sektor Usaha, rangkaian kegiatan dilaksanakan sejak 12 Januari hingga 12 Februari 2021, terdiri dari sosialisasi dan seminar K3, kegiatan olah raga cycling and walking virtual, lomba video K3, lomba slogan K3 serta penghargaan bagi kontraktor yang menerapkan aspek K3 secara konsisten dan berkomitmen di lingkungan Pupuk Kaltim. 

“Seluruh kegiatan ditujukan untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan terhadap norma K3 di lingkungan Perusahaan, serta meningkatkan partisipasi berbagai pihak dalam mewujudkan budaya K3 di segala aktivitas,” tambah Anggono. 

Mewakili manajemen Perusahaan, Plt. SVP Teknologi Pupuk Kaltim Wildan Hamdani, mengungkapkan tema besar peringatan BK3N tahun ini sejalan dengan misi perusahaan dalam penguatan kapasitas SDM, melalui pemanfaatan teknologi untuk mendukung kinerja yang mengacu pada aspek K3 secara konsisten. 

“Penerapan K3 merupakan tanggungjawab bersama, untuk itu kita wajib berperan aktif melakukan berbagai upaya K3 untuk mencegah segala potensi risiko, minimal di lingkungan unit kerja masing-masing,” imbau Wildan. 

Dalam kesempatan ini, Pupuk Kaltim juga me-launching Tim Champion Process Safety Management (PSM), sebagai suatu sistem untuk memastikan lokasi kerja, peralatan dan mesin, serta proses produksi memenuhi aspek keselamatan. Wildan Hamdani mengungkapkan PSM yang diterapkan Pupuk Kaltim, terintegrasi dengan sistem serupa di seluruh anak usaha Pupuk Indonesia Grup. Implementasi PSM memastikan seluruh lingkup perusahaan memenuhi aspek keselamatan secara optimal, sehingga tidak menimbulkan risiko K3 dengan proses produksi yang aman bagi lingkungan.

Agar berjalan optimal, Pupuk Kaltim membentuk Tim Champion PSM dengan anggota dari berbagai latar belakang dan disiplin ilmu yang melibatkan proses bisnis. Wildan berharap Tim Champion PSM mampu berperan sebagai agen penggerak penerapan PSM di lingkungan Pupuk Kaltim, sehingga sistem terintegrasi ini berjalan secara konsisten, utamanya untuk mengidentifikasi, mengurangi dan mengendalikan seluruh potensi risiko maupun sumber bahaya yang ditimbulkan dari seluruh kegiatan dan proses pabrik, sebagai upaya perlindungan berkelanjutan di tempat kerja. 

“Dengan dukungan seluruh unit kerja di lingkungan Pupuk Kaltim, tujuan penerapan PSM optimis tercapai secara optimal, menyeluruh dan terintegrasi,” ujar Wildan. 

Pupuk Kaltim juga turut me-launching program Virtual Running, Walking and Cycling (Viral 500K) tahun 2021, untuk mendorong budaya hidup sehat karyawan melalui kegiatan olahraga, untuk periode 1 Januari hingga 31 Desember 2021, dengan menggunakan aplikasi Strava. Program ini mengakomodasi keluarga karyawan Pupuk Kaltim agar turut berpartisipasi dan berkompetisi melalui rangkaian olahraga dalam satu tahun dengan batas target yang ditentukan. Penilaian dilaksanakan per tiga bulan untuk melihat tingkat konsistensi peserta melaksanakan program.

“Bagi peserta yang konsisten memenuhi batasan setiap triwulan hingga setahun, akan mendapat beragam hadiah dari Pupuk Kaltim dan Pupuk Indonesia. Termasuk berkesempatan memenangkan grand prize satu unit sepeda motor dari Pupuk Kaltim dan satu unit mobil dari Pupuk Indonesia,” terang Wildan.

Beragam kegiatan yang dilaksanakan dalam peringatan BK3N 2021 di Pupuk Kaltim pun diharap memperkuat budaya K3 seluruh insan perusahaan, sehingga implementasi aspek K3 semakin melekat dalam nilai dan budaya kerja Pupuk Kaltim. 

“Pupuk Kaltim berharap seluruh keluarga besar Perusahaan tetap memprioritaskan K3 dalam setiap aktivitas, sehingga nilai-nilai K3 menjadi budaya yang semakin melekat dalam kegiatan kita sehari-hari,” kata Wildan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pupuk kaltim
Editor : Media Digital
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top