Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kaltim Berpotensi Ekspor 1,74 Juta Ton Cangkang Sawit ke Jepang

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Instansi Penerbit Surat Keterangan Asal (IPSKA) Kaltim, Bumi Etam berhasil mencatat total ekspor cangkang sawit sebanyak 243.045,65 ton senilai US$1,05 juta pada 2019 hingga tahun 2020.
M. Mutawallie Sya’rawie
M. Mutawallie Sya’rawie - Bisnis.com 13 April 2021  |  13:03 WIB
Cangkang sawit yang dianggap limbah kini menjadi salah satu komoditas ekspor.  - Antara.
Cangkang sawit yang dianggap limbah kini menjadi salah satu komoditas ekspor. - Antara.

Bisnis.com, SAMARINDA — Provinsi Kalimantan Timur mencatat potensi ekspor nonmigas dari cangkang kelapa sawit mencapai 1,74 juta ton.

Kepala Disperindagkop UKM Kaltim HM Yadi Robyan Noor menyatakan pihaknya tengah mengoptimalkan peluang ekspor ke berbagai negara di dunia.

"Jepang sedang transformasi energi listrik ke biomassa dan membutuhkan sumber daya dari Indonesia," ujarnya, Senin (12/4/2021).

Menurut data Asosiasi Pengusaha Cangkang Sawit Indonesia (Apcasi) tercatat luas area perkebunan sawit di Kaltim mencapai 1,6 juta hektare, dengan 80 pabrik kelapa sawit se-Kaltim pada 2020.

Pria yang akrab disapa Roby itu menambahkan pihaknya sedang menindaklanjuti peluang ekspor tersebut secara teknis serta memastikan kualitasnya.

"Sedangkan pemerintah pusat akan membantu melalui [kebijakan] kemudahan ekspor," katanya.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Instansi Penerbit Surat Keterangan Asal (IPSKA) Kaltim, Bumi Etam berhasil mencatat total ekspor cangkang sawit sebanyak 243.045,65 ton senilai US$1,05 juta periode 2019 hingga 2020. "Semoga ini sebagai bentuk jawaban untuk Menteri Perdagangan," pungkas Roby.

Sebagai informasi, negara tujuan ekspor cangkang sawit Kaltim adalah China, Thailand dan Vietnam. Selanjutnya, Jepang menjadi target negara tujuan ekspor cangkang sawit yang berkelanjutan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kaltim sawit
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top