Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pertamina Siapkan Pinjaman Modal Rp6 Miliar bagi UMKM, Ini Sebarannya

Penyaluran modal usaha bagi UMKM ini tersebar ke beberapa area di Kalimantan, mulai dari Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat hingga Kalimantan Utara mulai dari sektor perdagangan, industri dan jasa.
M. Mutawallie Sya’rawie
M. Mutawallie Sya’rawie - Bisnis.com 22 April 2021  |  18:56 WIB
Penyaluran Program kemitraan Pertamina sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam penggalakan penggunaan LPG Bright Gas. - Istimewa
Penyaluran Program kemitraan Pertamina sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam penggalakan penggunaan LPG Bright Gas. - Istimewa

Bisnis.com, SAMARINDA – PT Pertamina (Persero) menyalurkan pinjaman modal usaha sebesar Rp6 miliar melalui Kantor Pemasaran Pertamina Regional Kalimantan.

Kegiatan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Unit Manager Comm., Rel. & CSR Wilayah Kalimantan Susanto August Satria kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kalimantan. Dimana, pinjaman modal usaha yang diberikan antara lain untuk Program Pinky Movement dan Endorse Pinky Movement sebagai bagian dari upaya mendukung program pemerintah dalam penggalakan penggunaan LPG Bright Gas.

Susanto August Satria, Unit Manager Comm., Rel. & CSR Wilayah Kalimantan menjelaskan bahwa pihaknya menyalurkan Program Kemitraan pinjaman modal usaha dengan nilai total lebih kurang Rp6 miliar.

Jika dirinci, terdiri dari kurang lebih Rp1,19 miliar untuk Program Pinky Movement, Rp2,59 miliar untuk Program Endorse Pinky Movement dan Rp2,28 miliar untuk UMKM umum.

Dia menuturkan penyaluran modal usaha bagi UMKM ini tersebar ke beberapa area di Kalimantan, mulai dari Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat hingga Kalimantan Utara mulai dari sektor perdagangan, industri dan jasa.

“Pada hari ini kami juga turut mengundang Rumah BUMN Kalimantan Timur yang keberadaannya diharapkan dapat semakin membantu UMKM untuk naik kelas dengan pembinaan yang semakin baik lagi,” tuturnya.

CFO Rumah BUMN Kalimantan Timur, Rahadian Kusuma turut menyampaikan bahwa kehadiran Rumah BUMN Kalimantan Timur nantinya untuk mengsinkronkan program-program UMKM dari BUMN yang ada di Kalimantan.

Sementara itu, Ketua IWAPI DPC Balikpapan Ernawaty Gaffar, menyampaikan bahwa program tersebut merupakan program kedua antara Pertamina bersama IWAPI DPC Balikpapan yang sudah berjalan sejak tahun lalu.

"Alhamdulillah, saat ini UMKM kami mayoritas sudah menggunakan LPG Bright Gas," terangnya.

Adapun, pelaku UMKM sektor pangkalan LPG dari Kelurahan Karang Joang, Balikpapan mengungkapkan rasa syukur atas bantuan modal di pangkalan-pangkalan LPG yang mereka miliki.

"Pinjaman modal tanpa bunga ini sangat membantu kami untuk dapat meningkatkan dan mengembangkan usaha kami lebih maju lagi ke depannya. Semoga Pertamina semakin jaya dan dapat membantu perekonomian masyarakat melalui program kemitraan ini," pungkasnya.  

Sebagai informasi, Program Pinky Movement diperuntukkan bagi pelaku UMKM yang bergelut di bisnis mendirikan pangkalan LPG dan Program Endorse Pinky Movement diperuntukkan bagi pelaku UMKM sektor industri rumah tangga. Selain kedua program tersebut di atas, Pertamina juga menyalurkan modal usaha bagi pelaku UMKM yang bergerak di sektor jasa dan perdagangan yang tersebar di beberapa provinsi di Kalimantan, mulai dari Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Barat.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertamina kaltim
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top