Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkot Pontianak Targetkan Vaksinasi Akhir Oktober Capai 70 Persen

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menyatakan, saat ini masyarakat yang sudah mendapat vaksinasi di Kota Pontianak mencapai 473 ribu jiwa.
Berbagai jenis vaksin Covid-19 yang digunakan oleh berbagai negara/clinicaltrialsarena.com
Berbagai jenis vaksin Covid-19 yang digunakan oleh berbagai negara/clinicaltrialsarena.com

Bisnis.com, BALIKPAPAN – Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak mencatat serbuan vaksinasi telah mencapai 56,4 persen dan menargetkan akhir bulan dapat mencapai angka 70 persen.

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menyatakan saat ini masyarakat yang sudah mendapat vaksinasi di Kota Pontianak mencapai 473 ribu jiwa.  

"Antusias masyarakat untuk mendapatkan vaksin masih cukup tinggi, makanya saya optimis target akhir Oktober sebanyak 70 persen bisa kita capai," ujarnya di Pontianak, Selasa (5/10/2021).

Dia menambahkan, untuk bisa memenuhi target tersebut dibutuhkan dukungan dan bantuan semua pihak untuk mensosialisasikan dengan mengajak keluarga, kerabat, tetangga dan orang-orang di sekitarnya untuk divaksin.

Selain itu, Pemkot Pontianak mendorong upaya perluasan cakupan vaksinasi dengan menggelar vaksinasi massal yang gencar dilaksanakan oleh berbagai pihak.

"Kemudian vaksinasi di kecamatan-kecamatan hingga kelurahan serta di sekolah-sekolah maupun pasar-pasar untuk lebih menjangkau masyarakat secara langsung," terangnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak Sidiq Handanu menjelaskan terdapat beberapa pengelompokkan atau klasifikasi penerima vaksinasi.

Jika dirinci, terdiri dari kelompok umur yang terdiri dari lansia, pra lansia, remaja dan lainnya dan berdasarkan profesi yang mencakup tenaga kesehatan, pelayanan publik, guru, TNI dan Polri dan sebagainya.

"Tujuannya [untuk] memetakan sasaran vaksin berdasarkan klasifikasi, agar lebih terarah," kata Sidiq.

Adapun, dia menuturkan bahwa sasaran vaksinasi pada kelompok lansia dan pra lansia masih perlu didorong untuk ditingkatkan lagi. Pemkot Pontianak berupaya untuk tidak hanya berfokus pada sentra-sentra vaksinasi, tetapi juga pada lokasi-lokasi lainnya dengan menyasar kelompok-kelompok sasaran yang lebih kecil.

"Seperti kita kemarin melaksanakan vaksinasi di pasar-pasar, antusias para pedagang di sana cukup tinggi untuk menerima vaksin, kemudian juga di sekolah-sekolah," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper