Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

HUT Ke-39, YPK Kokohkan Komitmen Majukan Pendidikan di Bontang dan Kaltim

YPK melakukan akselerasi dalam menghadapi tantangan dunia pendidikan, dengan mengedepankan aspek religiusitas sebagai pondasi membangun karakter dan jati diri anak menjadi generasi berprestasi.
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 24 Februari 2022  |  18:58 WIB
YPK melakukan akselerasi dalam menghadapi tantangan dunia pendidikan, dengan mengedepankan aspek religiusitas sebagai pondasi membangun karakter dan jati diri anak menjadi generasi berprestasi. - JIBI/Istimewa
YPK melakukan akselerasi dalam menghadapi tantangan dunia pendidikan, dengan mengedepankan aspek religiusitas sebagai pondasi membangun karakter dan jati diri anak menjadi generasi berprestasi. - JIBI/Istimewa

Bisnis.com, BONTANG—Mengangkat tema "Tumbuh dan Tangguh Pulihkan Pendidikan Indonesia", Yayasan Pupuk Kaltim (YPK) rayakan hari jadi ke-39 tahun perjalanan memajukan pendidikan anak yang berkarakter dan religius di Kota Bontang. Kegiatan berlangsung secara virtual melalui aplikasi Zoom, Rabu (23/2/2022). 

Pembina YPK Heri Subagyo mengatakan di usia 39 tahun YPK akan terus mengokohkan diri sebagai lembaga pendidikan unggul di Kota Bontang dan Kalimantan Timur, dalam mendidik generasi penerus yang menekankan pada pembentukan karakter anak yang religius serta berprestasi di bidang akademik. Hal ini sesuai dengan semangat para pionir YPK yang telah meletakkan pondasi dan gagasan sejak awal berdiri pada 1983 silam, untuk mendorong pendidikan yang berkualitas bagi anak bangsa. 

"Sesuai dengan tema HUT tahun ini, YPK akan terus tumbuh dan berkembang untuk memberikan pelayanan pendidikan terbaik bagi anak dalam menciptakan generasi penerus bangsa yang berkualitas dan berkarakter," ujar Heri.  

Sejalan dengan perkembangan teknologi informasi serta kebijakan dan paradigma masyarakat terkait pendidikan, YPK pun terus berbenah dalam menyesuaikan perubahan yang begitu cepat dengan berbagai inovasi. Era digitalisasi yang semakin gencar diikuti pandemi Covid-19, menuntut YPK melakukan akselerasi dalam menghadapi tantangan dunia pendidikan, dengan mengedepankan aspek religiusitas sebagai pondasi membangun karakter dan jati diri anak menjadi generasi berprestasi. 

Optimalisasi program pun terus dikembangkan dalam mendorong pembentukan karakter anak didik yang religius, mulai dari pencanangan islamic model class, sekolah ramah anak, sekolah ramah bakat dan program pembiasaan lain yang dapat memperkuat karakter serta jati diri siswa. Hal ini pun dibuktikan dengan banyaknya prestasi bidang akademik maupun non akademik yang berhasil diraih YPK pada tingkat Regional hingga Nasional, seperti rata-rata tingkat penerimaan alumni YPK di perguruan tinggi negeri diatas 90 persen, peringkat 3 tertinggi di Kaltim untuk UNBK tahun 2020, penghargaan Sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi Kaltim hingga peringkat 2 Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLSN) dari Kemendikbud RI. 

"YPK berkomitmen untuk tetap tangguh menghadapi tantangan, yang didukung sumberdaya manusia andal dalam mencetak generasi penerus bangsa melalui pendidikan terbaik," tambah Heri Subagyo. 

Direktur Keuangan dan Umum PKT Qomaruzzaman berharap peringatan hari jadi YPK ke-39 tahun menjadi semangat Yayasan untuk terus meningkatkan peran, dalam memajukan dunia pendidikan di Kota Bontang dan Kalimantan Timur. Hal ini melihat eksistensi YPK yang tidak hanya diakui secara lokal, tapi juga di tingkat Nasional sebagai pelopor sekolah umum yang mengedepankan nilai budi pekerti dan religius. 

Terlebih di masa pandemi Covid-19, YPK secara konsisten mampu memberikan pendidikan terbaik bagi siswa guna mendorong lahirnya anak didik yang berbakat dan berprestasi sesuai bidangnya. Hal itu dibuktikan dengan capaian YPK pada 2021 lalu, sebagai salah satu dari 1.000 lembaga pendidikan terbaik di Indonesia yang diharapkan dapat terus ditingkatkan kedepannya. 

"Momentum hari jadi ke-39 tahun ini diharap menjadi semangat bagi YPK untuk terus berkarya dan mengabdi dalam memberikan pendidikan terbaik bagi anak, sehingga mampu mencapai prestasi dengan pembentukan karakter yang kuat," ujar Qomaruzzaman. 

Begitu pula dari sisi korporasi, peningkatan kualitas pendidikan dan pengembangan sumberdaya manusia melalui pendidikan yang berkarakter, merupakan salah satu perhatian PKT bagi masyarakat. Hal itu ditunjukkan dengan berbagai dukungan PKT dalam memajukan sektor pendidikan di Kota Bontang maupun Kalimantan Timur, sebagai bentuk kontribusi perusahaan dalam mendukung pendidikan berkualitas secara berkesinambungan. Salah satunya beasiswa PKT Peduli Pendidikan (PKTPP), yang juga menggandeng YPK untuk memfasilitasi anak berprestasi dari keluarga kurang mampu di Bontang mendapatkan akses pendidikan yang layak dan berkualitas mulai tingkat SD hingga SMA. 

"Anak berhak mendapatkan pendidikan yang layak dalam mendorong terciptanya generasi produktif dan berdaya saing. Hal ini jadi perhatian PKT dengan memberikan akses pendidikan yang berkualitas melalui program beasiswa PKTPP, sehingga kedepan generasi produktif mampu dan berdaya saing mampu berkompetisi secara sehat," terang Qomaruzzaman. 

YPK melakukan akselerasi dalam menghadapi tantangan dunia pendidikan, dengan mengedepankan aspek religiusitas sebagai pondasi membangun karakter dan jati diri anak menjadi generasi berprestasi./JIBI-Istimewa

Mewakili Pemkot Bontang, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bambang Cipto Mulyono, menyampaikan apresiasi atas kiprah YPK yang selama ini eksis berkontribusi dalam memajukan dunia pendidikan di Kota Bontang, utamanya dalam membentuk generasi yang berkarakter serta berprestasi secara akademik. Semangat hari jadi ke-39 tahun ini diharap terus mendorong YPK mengoptimalkan peran sebagai salah satu lembaga pendidikan terbaik di Kota Bontang dan Kalimantan Timur, sekaligus mampu menghadapi beragam tantangan dunia pendidikan kedepannya. 

"Terlebih dengan ditetapkannya Kalimantan Timur sebagai IKN dan Bontang sebagai kawasan penyangga, penguatan karakter sumberdaya manusia yang unggul menjadi salah satu tantangan kedepan, sehingga generasi penerus mampu meningkatkan daya saing untuk berkompetisi dalam pembangunan secara optimal," terang Bambang.

Pada kesempatan itu, sejumlah guru mulai tingkat TK hingga SMA turut menerima penghargaan Satu Windu, Tri Windu, Catur Windu dan Satu Dasawarsa Bakti Kerja, sebagai bentuk apresiasi atas loyalitas serta pengabdian yang diberikan para guru dalam memajukan pendidikan anak di YPK.

 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pupuk kaltim
Editor : Media Digital

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top