Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sambut Ramadan 1443 H, UPZ PKT dan Majelis Taklim Baiturrahman Bagikan Ratusan Paket Sembako

Kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan pihaknya untuk berbagi berkah jelang Ramadan, dengan membantu pemenuhan kebutuhan pokok bagi masyarakat yang membutuhkan.
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 28 Maret 2022  |  19:04 WIB
Unit Pengumpul Zakat PT Pupuk Kalimantan Timur (UPZ PKT) bekerjasama dengan Majelis Taklim Muslimah Yayasan Baiturrahman, menggelar Safari Ramadan berbagi sembako kepada mustahik di Kota Bontang. - JIBI/Istimewa
Unit Pengumpul Zakat PT Pupuk Kalimantan Timur (UPZ PKT) bekerjasama dengan Majelis Taklim Muslimah Yayasan Baiturrahman, menggelar Safari Ramadan berbagi sembako kepada mustahik di Kota Bontang. - JIBI/Istimewa

Bisnis.com, BONTANG—Sambut bulan suci Ramadan 1443 H, Unit Pengumpul Zakat PT Pupuk Kalimantan Timur (UPZ PKT) bekerjasama dengan Majelis Taklim Muslimah Yayasan Baiturrahman menggelar Safari Ramadan berbagi sembako kepada mustahik di Kota Bontang. Kegiatan berlangsung selama dua hari, pada 22-23 Maret 2022.

Menurut Ketua MT Muslimah Yayasan Baiturrahman Agustina Dewi, kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan pihaknya untuk berbagi berkah jelang Ramadan dengan membantu pemenuhan kebutuhan pokok bagi masyarakat yang membutuhkan. Kegiatan ini sekaligus dukungan MT Muslimah Baiturrahman dalam penyaluran zakat karyawan PKT yang terkumpul dan dikelola UPZ PKT, dengan sasaran masyarakat yang sesuai kategori 8 asnaf penerima zakat.

"Kegiatan ini sebagai salah satu syiar Islam untuk mengobarkan semangat dalam menyambut Ramadan 1443 H, sekaligus membantu kebutuhan masyarakat agar terpenuhi dengan baik," ujar Agustina.

Penyaluran paket sembako pada Safari Ramadan kali ini menyasar 900 mustahik di Bontang dan sekitarnya, dengan total bantuan senilai Rp100 juta. Para penerima paket tersebar di berbagai pondok pesantren, panti asuhan dan panti jompo, taman pendidikan Al Quran serta para pengajar hingga kaum dhuafa. Tiap paket berisi kebutuhan pokok harian mulai dari beras, gula, minyak goreng, mie instan dan lainnya.

Kolaborasi yang telah berjalan tiga tahun terakhir ini akan terus digencarkan MT Muslimah Baiturrahman bersama UPZ PKT, agar zakat karyawan perusahaan senantiasa tersalurkan sesuai sasaran dengan manfaat yang langsung dirasakan masyarakat. "Mari kita sambut Ramadan yang penuh berkah ini dengan saling berbagi kepada sesama, sekaligus menebar manfaat sebagai wujud ketakwaan kepada Allah SWT, " tambah Agustina.

Ketua UPZ PKT Nur Sahid, mengungkapkan Safari Ramadan ini sejalan dengan Peraturan Baznas nomor 3 tahun 2018, tentang distribusi dan pendayagunaan zakat melalui ragam manfaat bagi umat. Sesuai arahan Baznas RI, selama 2021 UPZ PKT telah menyalurkan zakat senilai Rp5,56 Miliar yang terbagi pada lima program utama, yakni dakwah dan advokasi, pendidikan, kesehatan, pemberdayaan ekonomi dan kemanusiaan.

"Bantuan Safari Ramadan ini masuk pada program kemanusiaan, berupa manfaat dalam bentuk kebutuhan pokok bagi para mustahik," kata Nur Sahid.

Dirinya berharap paket sembako yang disalurkan dapat membantu masyarakat memenuhi kebutuhan harian jelang Ramadan, sekaligus menjadi berkah bagi mustahik maupun muzakki. Nur Sahid pun memastikan UPZ PKT akan terus menyalurkan zakat yang terkumpul sesuai ketentuan, sehingga kepercayaan para muzakki semakin meningkat dengan pengelolaan dana yang transparan dan profesional.

"Kami ucapkan terima kasih kepada para muzakki dari karyawan yang telah menyalurkan zakat melalui UPZ PKT. Semoga apa yang disalurkan dapat menjadi ladang amal yang bernilai pahala," pungkas Nur Sahid.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pupuk kaltim
Editor : Media Digital

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top