Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemkot Balikpapan Beberkan Penyebab Rendahnya Minat Masyarakat Ikuti Vaksinasi Booster

Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan belum berhasil mencapai 70 persen masyarakat menerima vaksinasi booster yang ditargetkan pada bulan lalu.
M. Mutawallie Syarawie
M. Mutawallie Syarawie - Bisnis.com 12 Agustus 2022  |  14:17 WIB
Pemkot Balikpapan Beberkan Penyebab Rendahnya Minat Masyarakat Ikuti Vaksinasi Booster
Ilustrasi pria menerima suntikan vaksin booster atau vaksin dosis ketiga - Freepik
Bagikan

Bisnis.com, BALIKPAPAN ––  Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan belum berhasil mencapai 70 persen masyarakat menerima vaksinasi booster yang ditargetkan pada bulan lalu.

Kepala DKK Balikpapan Andi Sri Juliarty menyatakan beberapa faktor yang menyebabkan hal tersebut diantaranya minat masyarakat yang rendah terhadap vaksinasi booster.

“Tidak seperti pada dosis 1 & 2 karena masyarakat merasa kasus sudah melandai , jika pun ada yang positif tidak berat dan diperbolehkan membuka masker di tempat terbuka  diasumsikan aman oleh masyarakat sehingga tidak perlu vaksin lagi,” ujarnya, Jum’at (12/8/2022).

Kemudian, dia mengungkapkan bahwa banyaknya disinformasi yang menyebutkan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) lebih berat ketika melakukan booster dibandingkan vaksinasi sebelumnya, membuat masyarakat takut.

Sebagaimana diketahui, KIPI adalah reaksi yang muncul setelah pemberian vaksinasi Covid-19 dan merupakan sesuatu yang wajar sebagai bentuk respons tubuh dalam membentuk kekebalan.

Wanita yang akrab disapa Dio itu menyatakan sempat dihapusnya persyaratan booster untuk pelaku perjalanan turut memengaruhi, karena membuat keinginan masyarakat untuk booster juga menurun.

Di sisi lain, Dio menjelaskan daya dukung untuk vaksinasi sudah sangat baik dari sisi penyediaan dan sumber daya manusia.

Ketersediaan stock dan jenis vaksin cukup, SDM vaksinator cukup, bantuan TNI Polri , KKP dan BIN masih berjalan,” katanya

Adapun, dia menuturkan bahwa lokasi vaksinasi saat ini tersebar di seluruh Kota Balikpapan, seperti sentra vaksinasi di DOME Balikpapan, Puskesmas , Fasyankes TNI Polri KKP dan bahkan melakukan vaksinasi Door to door.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Covid-19 Vaksin Booster
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top