Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Optimalkan Medsos untuk Promosi, Pupuk Kaltim Gelar Seminar Bagi Pegiat Wisata Bontang

Para pegiat pariwisata yang difasilitasi kegiatan ini diharapkan dapat menyerap edukasi yang diberikan, sehingga mampu memaksimalkan media sosial dengan baik.
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 17 September 2022  |  09:54 WIB
Optimalkan Medsos untuk Promosi, Pupuk Kaltim Gelar Seminar Bagi Pegiat Wisata Bontang
PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) gelar seminar sehari bertajuk Panen Cuan dari Medsosbagi pengelola wisata binaan, Rabu (14/9/2022). - JIBI/Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, BONTANG--Manfaatkan media sosial dalam mempromosikan potensi pariwisata daerah, PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) gelar seminar sehari bertajuk Panen Cuan dari Medsos bagi pengelola wisata binaan Kampung Malahing serta pegiat pariwisata Kelurahan Tanjung Laut Indah Bontang Selatan. Kegiatan ini menggandeng Borneos.co, berlangsung di Gedung Koperasi Karyawan Pupuk Kaltim, Rabu (14/9/2022).

VP TJSL Pupuk Kaltim Anggono Wijaya mengungkapkan kegiatan ini sebagai kesinambungan upaya Pupuk Kaltim terhadap pembinaan potensi wisata Kota Bontang, khususnya bagi pengelola wisata pesisir Kampung Malahing yang telah berjalan beberapa tahun terakhir pada program Better Living in Malahing. Besarnya potensi wisata Malahing ditarget makin dikenal luas melalui pemanfaatan media sosial, baik untuk sarana promosi kawasan secara umum maupun potensi ekonomi dari berbagai jenis usaha pendukung pariwisata yang dikelola warga.

"Hal ini lanjutan upaya Pupuk Kaltim membantu percepatan dan pengembangan wisata Kampung Malahing, agar ke depan kawasan pesisir Bontang ini makin dikenal luas dengan kolaborasi multipihak," ujar Anggono.

Selain pendampingan pengelolaan dan pengembangan potensi wisata Kampung Malahing, Pupuk Kaltim juga telah memfasilitasi peningkatan kapasitas anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kelurahan Tanjung Laut Indah yang ke depan memiliki peran utama dalam aktivitas promosi serta pengelolaan Kampung Malahing di tingkat kelurahan.

Selanjutnya, juga akan dibentuk Badan Usaha Milik Kelurahan (Bumkel), agar seluruh potensi wisata yang ada di Kelurahan Tanjung Laut Indah mampu dikelola dalam satu wadah usaha bersama masyarakat.

"Seiring berkembangnya teknologi informasi, maka para pengurus yang nantinya terlibat dalam pengelolaan Bumkel juga didorong memiliki kemampuan pengelolaan media sosial, untuk mendukung keberhasilan pengelolaan badan usaha dalam mempromosikan kawasan wisata yang ada," lanjut Anggono.

Dari kegiatan ini, diharap semakin menumbuhkan kesadaran masyarakat akan besarnya potensi pariwisata Kota Bontang, sehingga ke depan bisa dikelola secara masif dengan keterlibatan masyarakat untuk aktif melakukan promosi maupun berkreasi dalam pengembangan sektor wisata. Salah satunya perluasan manfaat dari usaha pendukung pariwisata, seperti makanan khas hingga produk UMKM yang bisa ditawarkan bagi wisatawan maupun menyasar konsumen dengan pangsa pasar lebih luas melalui pemanfaatan media sosial.

"Dengan meningkatnya pengetahuan dalam memaksimalkan media sosial, tak hanya potensi wisata yang bisa dikembangkan, tapi juga sektor usaha masyarakat dan UMKM di Kelurahan Tanjung Laut Indah sehingga mampu meningkatkan geliat ekonomi dan kesejahteraan," tambah Anggono.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) Bontang Ahmad Aznem, mengaku optimis kolaborasi aktif antara Pupuk Kaltim dengan Pemerintah Kota dan masyarakat akan mendorong potensi wisata Bontang khususnya Malahing, makin dikenal luas hingga tingkat Nasional sehingga mampu menarik minat wisatawan untuk berkunjung. Dirinya menilai Pupuk Kaltim sangat peka dalam menggali potensi Kota Bontang diluar sektor industri, dengan meningkatkan geliat periwisata melalui serangkaian pembinaan kawasan.

Hal ini terlihat dari masuknya Kampung Malahing dalam 100 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) oleh Kemenparekraf, yang diharap tahun depan mampu naik ke 50 besar dengan berbagai pengembangan dan perbaikan yang saat ini gencar dilakukan.

"Dari serangkaian upaya yang dilakukan, Pupuk Kaltim telah mencontohkan bagaimana kita sepatutnya bangga akan Bontang. Hal ini hendaknya bisa tertanam dalam diri masyarakat untuk bersama mengembangkan potensi yang ada," tutur Aznem.

Dirinya mengimbau para pegiat pariwisata Kelurahan Tanjung Laut Indah yang difasilitasi kegiatan ini dapat menyerap edukasi yang diberikan, sehingga ke depan mampu memaksimalkan media sosial untuk sarana promosi, maupun menggali potensi ekonomi dari sektor usaha yang dijalankan. Termasuk keterlibatan generasi milenial yang lekat dengan media sosial, pun diharap berkontribusi optimal dalam pengembangan potensi lokal agar makin dikenal luas.

"Mari kita gaungkan potensi Bontang dengan berbagai keunggulan yang ada didalamnya, melalui kolaborasi yang selama ini berjalan untuk memberi dampak positif bagi pembangunan daerah dan masyarakat. Terima kasih Pupuk Kaltim, yang terus konsisten membina masyarakat dengan berbagai program yang dilakukan," pungkas Aznem.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pupuk kaltim
Editor : Media Digital
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top