Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Masa Depan Ekonomi Balikpapan Bertumpu pada MICE dan Ekonomi Kreatif

Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Pembangunan Doortje Marpaung menyatakan ekonomi Balikpapan ke depan akan bertumpu pada sektor selain migas dan batu bara.
M. Mutawallie Syarawie
M. Mutawallie Syarawie - Bisnis.com 12 Oktober 2022  |  19:05 WIB
Masa Depan Ekonomi Balikpapan Bertumpu pada MICE dan Ekonomi Kreatif
Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemkot Balikpapan Doortje Marpaung. - Bisnis/Muhammad Mutawallie Sya'rawie
Bagikan

Bisnis.com, BALIKPAPAN –– Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan menyebutkan prospek tumpuan ekonomi Balikpapan di masa mendatang adalah sektor MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition).

Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Pembangunan Doortje Marpaung menyatakan ekonomi Balikpapan ke depan akan bertumpu pada sektor selain pertambangan migas dan batu bara.

“Meskipun di tagline nasional kita bukan yang utama tapi potensi ini yang perlu kita drive, ada MICE, pariwisata, dan industri kreatif,” katanya kepada awak media, Rabu (12/10/2022).

Dia mengungkapkan bahwa, kota Balikpapan saat ini ditopang industri pengolahan, sehingga bergantung dan sektor jasa yang berasal dari kegiatan pertambangan migas dan batu bara di sekitar wilayah Balikpapan.

“Kita melihat PDRB Balikpapan masih di dominasi sektor pengolahan yaitu 47,2 persen, diikuti oleh konstruksi 16,5 persen, transportasi 9,8 persen, dan sektor perdagangan yang memerlukan perencanaan jangka panjang ke depan,” ungkapnya.

Menurutnya, Kota Balikpapan perlu melakukan transformasi ekonomi yang beralih dari ketergantungan sektor migas dan batu bara mengingat penurunan produksi minyak bumi dari hasil kajian dan penelitian di tahun 2040 berpotensi sangat menurun di bumi Kaltim.

Kendati demikian, dia menyebutkan potensi ekonomi kreatif kota Balikpapan sangat bagus sehingga ditetapkan satu dari sepuluh kota utama ekonomi kreatif di Indonesia dengan basis aplikasi dan game.

Doortje menambahkan, kota kreatif dengan basis aplikasi dan game utama di Indonesia saat ini yaitu Kota Malang yang telah melahirkan sejumlah karya hingga dibeli oleh Silicon Valley dapat memotivasi anak muda di Malang untuk mengembangkan ekonomi kreatifnya.

“Kita (Pemkot Balikpapan) sudah memperjuangkan [ekonomi kreatif] dibantu Kemenparekraf. Kita sudah ada masterplan ekonomi kreatif, sudah ada forum ekonomi kreatif Balikpapan juga,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

balikpapan mice industri kreatif
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top