Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Terbaru! Tiga Proyek Kaltim Bakal Ditawarkan ke Investor Lokal dan Mancanegara

Proyek tersebut pengembangan fasilitas bongkar muat pelabuhan penajam di Kawasan Industri Buluminung, pengembangan kakao di Berau dan proyek pabrik karet remah,
M. Mutawallie Syarawie
M. Mutawallie Syarawie - Bisnis.com 10 November 2022  |  17:23 WIB
Terbaru! Tiga Proyek Kaltim Bakal Ditawarkan ke Investor Lokal dan Mancanegara
Kegiatan Capacity Building penyempurnaan kajian dokumen Pra-FS yang dihadiri oleh perwakilan dari 10 Kabupaten/Kota yang ada di Kaltim, Kamis (10/11/2022). - Bisnis/Muhammad Mutawallie Sya'rawie
Bagikan

Bisnis.com, BALIKPAPAN — Tiga proyek terbaru dari Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) siap untuk ditawarkan kepada para investor.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kaltim Ricky P Gozali menyatakan melalui penjaringan potensi investasi yang ada di Kaltim melalui PIKAT (Profiling Investasi Kalimantan Timur), terpilih tiga Investment Project Ready-to-offer (IPRO).

“Melalui program tersebut, RIRU Kaltim dan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) memfasilitasi pendalaman, capacity building, dan pendampingan penulisan agar proyek investasi di Kaltim terkait bisa menjadi Investment Project Ready-to-Offer (IPRO),” ujarnya, Kamis (10/11/2022).

Ketiga proyek tersebut yaitu proyek pengembangan fasilitas bongkar muat pelabuhan penajam di Kawasan Industri Buluminung di Kabupaten Penajam Paser Utara, proyek pengembangan komoditi kakao sebagai produk unggulan di Kabupaten Berau dan proyek pembangunan pabrik karet remah (crumb rubber) di Kabupaten Kutai Barat.

Dia menambahkan, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kaltim, Pemprov Kaltim dan berbagai instansi yang tergabung dalam Regional Investor Relations Unit (RIRU) telah melaksanakan beberapa key activities seperti melakukan penjaringan potensi investasi, melakukan fasilitasi one-on-one meeting terhadap project owner dan potential investors.

“Dan memberikan fasilitas business matching UMKM potensial dengan potential buyers dari berbagai negara. Ke depan, kami memandang perlu adanya flagship program yang melibatkan seluruh anggota RIRU dalam pelaksanaannya,” katanya.

Ricky mengungkapkan bahwa sepanjang tahun 2022, RIRU juga sudah memfasilitasi sejumlah proyek di Kaltim seperti Balikpapan – PPU Toll Bridge Project dan Waste Management Balikpapan untuk melakukan one-on-one meeting dengan investor dari luar negeri seperti Tiongkok, Beijing, London dan Dubai.

“Puncaknya, Waste Management Balikpapan diundang oleh investor dari Dubai untuk hadir secara langsung pada kegiatan Indonesia Investment Forum Dubai tahun 2023,” ungkapnya.

Dia berharap program ini dapat memberikan ruang untuk mempromosikan proyek-proyek investasi yang ada di Kaltim dan mengakselerasi realisasi investasi di Kaltim yang kemudian bermuara pada peningkatan PDRB Kaltim.

Adapun, dia menuturkan tetap optimis dengan berbagai tantangan yang ada karena Kaltim memiliki banyak potensi, peluang, dan momentum terkait percepatan pemulihan ekonomi.

“Sinergi yang kuat antara seluruh pihak dan penciptaan inovasi yang berkualitas tentu menjadi syarat penting untuk mewujudkan semua harapan kita terhadap perekonomian Kaltim yang Maju dan Sejahtera,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kaltim investasi
Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top