Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perkuat Kerja Sama dengan Fakultas Teknik UGM, PT Pupuk Kaltim Dukung Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Pupuk Kaltim memerlukan masukan dari perguruan tinggi untuk membuat operasional pabrik lebih efisien dan kompetitif.
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 21 November 2022  |  20:04 WIB
Perkuat Kerja Sama dengan Fakultas Teknik UGM, PT Pupuk Kaltim Dukung Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka
Direktur Operasi dan Produksi Pupuk Kaltim Hanggara Patrianta (kiri) berpose bersama Sekretaris Departemen Teknik Kimia UGM Rochim Bakti Cahyono (tengah) saat kunjungan ke Fakultas Teknik UGM, Senin (21/11/2022). Pertemuan ini mengevaluasi dan menjajaki berbagai kerja sama pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat yang telah berlangsung maupun peluang-peluang baru kerja sama kedua institusi. - JIBI/Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JOGJA—PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) melakukan kunjungan kerja sama ke Fakultas Teknik UGM. Kunjungan kali ini bertujuan untuk mengevaluasi dan menjajaki berbagai kerja sama pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat yang telah berlangsung maupun peluang-peluang baru kerja sama kedua institusi.

Pertemuan ini juga membahas penguatan penyelenggaraan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MKBM) melalui program magang mahasiswa. Program besutan Kemendikbudristek ini mendorong mahasiswa tingkat akhir untuk menimba ilmu secara langsung di dunia industri. Program ini diharapkan tidak hanya meningkatkan mobilitas mahasiswa ke industri, namun juga dapat meningkatkan mobilitas dosen ke industri dan praktisi industri ke kampus. Pertemuan berlangsung di Gedung Smart and Green Learning Centre (SGLC) FT UGM pada Senin (21/11/2022).

Direktur Operasi dan Produksi Pupuk Kaltim Hanggara Patrianta mengatakan selama ini telah terjalin kerja sama yang positif antara perusahaan dan pihak kampus. Ke depannya, dia berharap kerja sama kedua institusi semakin menguat dan saling menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Ditambahkan Hanggara, Pupuk Kaltim memerlukan masukan dari perguruan tinggi untuk membuat operasional pabrik lebih efisien dan kompetitif. “Kami meminta bantuan dari perguruan tinggi yang mempunyai ilmu dan kompetensi yang lebih dibanding kami karena resources yang kami miliki jumlahnya terbatas,” ujarnya.

Hanggara berharap ke depan kerja sama dengan Fakultas Teknik UGM akan terus terjalin sekaligus menciptakan peluang-peluang di bidang lainnya untuk dikerjakan secara bersama-sama.

"Dengan kerja sama yang lebih baik, dari sisi industri benefitnya adalah kita bisa meningkatkan esifiensi operasi. Dari sisi perguruan tinggi, akan menambah pengetahuan dari dosen, sehingga para dosen selalu meningkatkan pengetahuan yang tidak hanya text book, tapi juga applicable," ungkapnya.

Usai pertemuan tersebut, Hanggara memberikan kuliah tamu bagi mahasiswa Teknik Kimia UGM. Para mahasiswa yang memadati gedung pertemuan diajak mengenal lebih dalam seluk beluk industri pupuk serta pemahaman mengenai peranan sarjana teknik kimia di dalam industri kimia. Dalam kuliah tamu ini, Hanggara memberikan sejumlah pengalaman dan penjelasan mengenai tren dan tantangan industri pupuk di masa depan. Kegiatan ini  diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kompetensi mahasiswa, sehingga lebih siap saat memasuki dunia kerja.

Sekretaris Departemen Teknik Kimia UGM Rochim Bakti Cahyono menuturkan bahwa Pupuk Kaltim selama ini telah menjadi salah satu mitra strategis Departemen Teknik Kimia, FT UGM. Tidak hanya itu, banyak alumni FT UGM telah berkiprah di PT Pupuk Kaltim. 

Kerja sama penelitian Departemen Teknik Kimia, FT UGM dan Pupuk Kaltim antara lain dilakukan melalui kajian penelitian untuk memuhi kebutuhan bahan baku pupuk NPK di masa depan. Hal ini dapat dipahami karena selama ini pengadaan bahan baku Kalium dan Fosfor untuk pupuk NPK masih dipenuhi melalui impor dengan harga yang semakin meningkat.

"Diskusi hari ini membuatkan ide untuk mendapatkan bahan baku Phospat dan Kalium dari bahan baku atau limbah yang ada. Selain penelitian, selama ini juga telah berlangsung program kerjasama seperti pelatihan karyawan Pupuk Kaltim, sehingga itu akan terus didorong," tuturnya.

Selain kerja sama dalam bidang penelitian, Rochim juga menambahkan ada juga kerja sama dalam hal pembuatan road map zero waste di Pupuk Kaltim. Usai pembahasan ini, diharapkan nantinya sampah domestik dapat diolah menjadi bahan bakar alternatif boiler di Pupuk Kaltim.

Tak berhenti sampai di sini, Rochim mengatakan ada beberapa proyek yang ke depan akan dilakukan Departemen Teknik Kimia UGM bersama dengan Pupuk Kaltim. Salah satunya adalah pembuatan Operator Training Simulator (OTS). Ini merupakan perangkat lunak simulasi pabrik yang dapat menjadi sarana pelatihan bagi karyawan Pupuk Kaltim dalam mengoperasikan pabrik.

"Kerja sama penelitian juga akan tetap berlanjut. Pupuk Kaltim menjadi perusahaan pupuk nasional yang sangat dekat dengan teknik kimia dan fakultas teknik. Sepuluh tahun terakhir kami sangat intensif bekerja sama karena membuka diri lebih agresif," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pupuk kaltim
Editor : Media Digital
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top