Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Dukung Pemulihan Ekonomi, Pemkot Bontang Apresiasi Festival UMKM Pupuk Kaltim 2022

Kegiatan ini sebagai upaya Pupuk Kaltim lebih dekat dengan masyarakat, sekaligus meningkatkan manfaat perusahaan agar semakin dirasakan
Media Digital
Media Digital - Bisnis.com 30 November 2022  |  16:08 WIB
Dukung Pemulihan Ekonomi, Pemkot Bontang Apresiasi Festival UMKM Pupuk Kaltim 2022
Festival UMKM 2022 di Lapangan Denarhanud 002 Bontang dalam rangka menyambut HUT ke-45 PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim), resmi berakhir Jumat (25/11/2022). - JIBI/Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, BONTANG—Setelah berlangsung selama empat hari dengan berbagai kegiatan hiburan bagi masyarakat, Festival UMKM 2022 di Lapangan Denarhanud 002 Bontang dalam rangka menyambut HUT ke-45 PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim), resmi berakhir Jumat (25/11/2022). Malam penutupan pesta rakyat ini diisi hiburan pamungkas oleh pedangdut kenamaan asal Jawa Tengah Yeni Inka, dan berhasil menyedot perhatian ribuan masyarakat yang hadir.

Direktur Keuangan dan Umum Pupuk Kaltim Qomaruzzaman, mengungkapkan kegiatan ini sebagai upaya Pupuk Kaltim lebih dekat dengan masyarakat, sekaligus meningkatkan manfaat perusahaan agar semakin dirasakan. Khususnya bagi ratusan pelaku UMKM lokal yang difasilitasi selama kegiatan, diharap mampu meningkatkan potensi penjualan dan peluang pasar selama kegiatan berlangsung.

Hal ini juga bagian dari upaya Pupuk Kaltim untuk mengoptimalkan kembali potensi UMKM Bontang agar lebih maju dan berkembang, sebagai wujud dukungan perusahaan dalam pemulihan ekonomi masyarakat pasca pandemi. Selain di Kota Bontang, Festival UMKM 2022 juga digelar Pupuk Kaltim di tiga daerah lainnya di Indonesia, yakni Bojonegoro, Solo dan Gowa Sulawesi Selatan.

"Festival UMKM tahun ini juga upaya Pupuk Kaltim untuk terus hadir dan dekat bersama masyarakat, utamanya di usia ke-45 tahun perjalanan perusahaan yang tak lepas dari dukungan berbagai unsur di Kota Bontang. Semoga dengan kegiatan ini, geliat perekonomian masyarakat dapat kembali tumbuh dan berkembang," ujar Qomaruzzaman.

Ditambahkan Qomaruzzaman, sebagai perusahaan yang peduli terhadap UMKM, Pupuk Kaltim berkomitmen untuk terus mendorong pengembangan serta kemajuan UMKM lokal agar lebih mandiri dan berdaya saing. Hal ini diwujudkan melalui program pembinaan langsung oleh perusahaan, maupun sinergi bersama Pemerintah dalam membantu peningkatan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat.

Dukungan terhadap pengembangan UMKM juga sejalan dengan salah satu misi Pupuk Kaltim, yakni memberikan manfaat optimum bagi masyarakat melalui kesinambungan peran pembinaan dan pedampingan usaha lokal di berbagai sektor. Komitmen ini akan terus dipegang Pupuk Kaltim melalui implementasi program TJSL secara terarah sesuai arahan Kementerian BUMN.

"Pupuk Kaltim akan terus mendorong UMKM lokal agar semakin maju dan berkembang. Serta selalu mendukung berbagai program yang dicanangkan Pemerintah dalam meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat," tambah Qomaruzzaman.

Mewakili Pemkot Bontang, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Lukman, mengapresiasi langkah Pupuk Kaltim untuk senantiasa dekat dengan masyarakat, sekaligus mendorong pelaku UMKM lokal agar semakin tumbuh dan berkembang. Menurut dia, kegiatan ini menunjukkan kepedulian dan perhatian Pupuk Kaltim terhadap pengembangan UMKM Bontang, sehingga mampu kembali bangkit setelah terimbas pandemi dalam dua tahun terakhir.

"Selain itu, Festival UMKM 2022 juga memberikan hiburan tersendiri bagi masyarakat Bontang dengan ragam penampilan selama kegiatan digelar. Untuk itu kami sampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pupuk Kaltim yang senantiasa hadir bagi masyarakat," ucap Lukman.

Dirinya menilai kegiatan ini sangat membantu Pemkot Bontang dalam mendorong UMKM lokal agar naik kelas, termasuk meningkatkan peluang ekonomi bagi wirausahawan baru yang diharap semakin berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat. Hal ini diharap terus ditingkatkan Pupuk Kaltim, karena sejalan dengan sasaran pembangunan daerah. Sehingga kedepan, perekonomian masyarakat yang diiringi peningkatan kualitas sumberdaya manusia di Kota Bontang bisa lebih dikembangkan melalui dukungan dan peran serta perusahaan.

"Melalui kegiatan ini, masyarakat turut merasakan kebahagiaan bersama keluarga besar perusahaan dalam menyambut hari jadi Pupuk Kaltim ke-45 tahun. Semoga kedepan Pupuk Kaltim terus mendukung Pemkot Bontang dalam mewujudkan daerah yang ramah investasi, ramah UMKM dan pariwisata demi kesejahteraan bersama," pungkas Lukman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pupuk kaltim
Editor : Media Digital
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top