Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Dana Desa di Kaltim 78,22 Persen sudah Tersalurkan

Menurut alokasinya, pemerintah membagi sebanyak dua jenis yaitu dana desa dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang sama-sama telah memasuki tahap III.
M. Mutawallie Syarawie
M. Mutawallie Syarawie - Bisnis.com 05 Januari 2023  |  13:58 WIB
Dana Desa di Kaltim 78,22 Persen sudah Tersalurkan
Warga menerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) di Balai Desa Tanjungkarang, Jati, Kudus, Jawa Tengah, Senin (18/5/2020). - Antara/Yusuf Nugroho\\n
Bagikan

Bisnis.com, BALIKPAPAN –– Realisasi penyaluran dana desa di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) telah mencapai 78,22 persen pada kuartal III/2022.

Menurut alokasinya, pemerintah membagi sebanyak dua jenis yaitu dana desa dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang sama-sama telah memasuki tahap III.

Berdasarkan data yang dihimpun Bank Indonesia Kaltim, realisasi dana desa di tahap ini mencapai Rp2,55 miliar atau 0,34 persen dari total alokasi dana desa. Sedangkan, realisasi penyaluran BLT mencapai Rp64,52 miliar atau 8,49 persen dari total alokasi dana desa.

Penyebab terbatasnya realisasi BLT dan dana desa tahap III disebabkan oleh tidak adanya realisasi penyaluran pada Kabupaten Kutai Timur, Penajam Paser Utara, dan Mahakam Ulu.

Sementara itu, terdapat dana relokasi sebesar Rp34,66 miliar atau 4,56 persen dari total alokasi dana desa.

Secara spasial, masyarakat Kabupaten Kutai Barat menikmati dana desa paling besar di Kaltim atau realisasi terbesar dengan nilai Rp130,13 miliar atau sebesar 82,79 persen dari total alokasinya.

Adapun, realisasi BLT terbesar dicapai oleh Kabupaten Penajam Paser Utara dengan nilai Rp2,79 miliar atau 10,32 persen dari total alokasi terhadap Kabupaten Penajam Paser Utara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kaltim dana desa
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top