Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasokan Hewan Kurban Kaltim Dipastikan Aman Terkendali

Ketersediaan ternak sapi dan kambing dinyatakan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap hewan kurban pada Hari Raya Iduladha 2023. 
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, BALIKPAPAN –– Ketersediaan ternak sapi dan kambing dinyatakan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap hewan kurban pada Hari Raya Iduladha 2023. 

Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Peternakan dan Keswan Kaltim Dyah Anggrain menyatakan ketersediaan ternak sapi mencapai 12.267 ekor, lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang sebanyak 11.194 ekor. 

Sementara itu, ketersediaan ternak kambing sebanyak 7.613 ekor, juga melampaui kebutuhan masyarakat yang sebanyak 5.926 ekor.

"Hewan kurban didatangkan dari NTT, Sulawesi, dan Jatim, dan telah diperiksa baik melalui uji laboratorium maupun karantina," ujarnya yang dikutip, Senin (12/6/2023).

Dyah mengimbau masyarakat untuk membeli hewan kurban yang telah diberi tanda penanda dan dilengkapi dengan surat keterangan sehat. 

"Pembeli bisa menanyakan penjualnya apakah ada surat keterangan sehat pada hewan kurban yang dijual," katanya.

Untuk memilih hewan kurban, Dyah menyarankan untuk memeriksa beberapa hal, seperti cara berdiri hewan (seharusnya tidak bersandar pada satu sisi), mata yang bersinar dan tidak ada kotoran, hidung dan mulut yang basah dan sehat, bulu yang cerah dan tidak kusam, dan kaki serta kuku yang tidak luka. 

Dia juga menegaskan bahwa penyakit Mulut dan Kuku (PMK) tidak lagi terjadi di Kaltim, setelah sebelumnya sempat menjadi wabah di seluruh Indonesia.

Adapun, dia menuturkan bahwa Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan juga telah membentuk tim khusus di setiap Kabupaten/Kota untuk memastikan kesehatan hewan kurban.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler