Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Aksi Jual Emas di Banjarmasin Meningkat, Ini Pemicunya

Sudah dua minggu ini aksi jual emas meningkat 20 persen dibanding hari biasa. Banyak yang perlu dana segar untuk liburan dan beli perlengkapan sekolah.
Aktivitas penjualan emas di Pasar Sentral Antasari Banjarmasin./Bisnis-Arief Rahman.
Aktivitas penjualan emas di Pasar Sentral Antasari Banjarmasin./Bisnis-Arief Rahman.

Bisnis.com, BANJARMASIN - Aksi jual emas oleh masyarakat di Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) meningkat beberapa waktu terakhir seiring momen liburan dan tahun ajaran baru.

Dari pantauan di salah satu pusat jual beli emas terbesar di Kalsel, yakni Pasar Sentral Antasari Banjarmasin, sejumlah pedagang emas mengaku ada peningkatan aksi jual emas ditempatnya dari 10 - 20 persen dibanding hari biasa.

"Sudah dua minggu ini aksi jual emas meningkat 20 persen dibanding hari biasa. Banyak yang perlu dana segar untuk liburan dan beli perlengkapan sekolah anak, jadi menjual emas menjadi salah satu pilihannya," ungkap pemilih Toko Emas Taisir 1, H. Gurdan, Senin (17/7/2023).

Adapun untuk harga emas sendiri masih cenderung stabil. Untuk emas batangan dibandrol Rp920.000 pergram. Lalu untuk emas perhiasan dijual Rp930.000 pergram. Kemudian untuk emas kadar 75 persen dibandrol Rp740.000 pergram dan emas kadar 42 persen dijual Rp410.000 pergram.

"Harganya stabil 1 bulan ini, sempat naik Rp5. 000 pergram di awal bulan, namun turun lagi Rp5.000 pergram mulai pertengahan bulan tadi," tambahnya.

Menurutnya harga emas sekarang sudah jauh mengalami penurunan. Karena waktu awal perang Ukraina dan Rusia harganya menembus Rp965.000 pergram.

"Ini sudah turun jauh, walau pun memang harganya masih tergolong tinggi, karena masih diatas Rp900.000 pergram," timpalnya lagi.

Tidak berbeda, Raudah Annisa, penjual Mini Gold Banjarmasin juga mengaku banyak di antara pelanggannya yang melakukan aksi jual emas sepekan terakhir.

"Banyak yang perlu dana segar. Karena mereka punya investasi emas makanya mudah dijual kembali saat diperlukan. Nanti kalau ada uang bisa beli lagi untuk investasi," katanya.

Sementara itu, Aulia, warga Banjarmasin Barat yang menjual emasnya di Pasar Sentral Antasari Banjarmasin mengaku memerlukan uang tunai untuk kebutuhan anak keduanya yang sudah masuk ke tingkat SMP.

"Saya memang kalau ada uang suka investasi emas. Jadi kalau ada keperluan mendadak bisa langsung dijual. Kalau investasi ke rumah atau tanah kan susah untuk dijual kembali," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arief Rahman
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper