Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Balikpapan Jadi Hub Internasional, Berdampak pada Pemandu Wisata Lokal

Kota Balikpapan dinilai mulai menjadi sorotan dunia lewat rute penerbangan langsung ke Malaysia.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, BALIKPAPAN –– Kota Balikpapan dinilai mulai menjadi sorotan dunia lewat rute penerbangan langsung ke Malaysia. 

Kepala Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Kaltim Restiawan Baihaqi menyatakan rute penerbangan ini menjadikan Kota Balikpapan sebagai hub internasional.

“Dari Eropa ke Malaysia atau US ke Malaysia, singgahnya ke Balikpapan. Saya pikir Air Asia pintar melihat itu,” ujarnya, senin (14/8/2023). 

Dia menambahkan, wisatawan asing dari Bali juga tidak jauh jika harus berkunjung ke Balikpapan, sebelum melanjutkan ke negara asal.

Kendati demikian, Eqi mengatakan wisatawan mancanegara itu harus dituntun untuk melakukan perjalanan wisata lanjutan ke berbagai daerah di Kalimantan Timur.

Pria yang akrab disapa Eqi ini mengungkapkan bahwa beberapa fasilitas umum di Balikpapan, sudah seharusnya dapat menunjukkan wisata apa yang dimiliki oleh Kaltim, minimal berupa papan informasi.

Di sisi lain, dia menyebutkan sejumlah wisatawan tersebut memerlukan tour guide (pramuwisata) lokal yang berkualitas.

“Itu yang masih sulit di kita. Beberapa guide memiliki sertifikat, tapi biasanya mereka (para wisman) sudah punya langganan tersendiri,” sebutnya.

Adapun, Eqi mendorong pramuwisata lokal asal Kaltim terus mengasah kemampuan diri, khususnya berbahasa asing. “Yang namanya pramuwisata di Kaltim saat ini sangat dibutuhkan,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper