Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penyerapan ABPD Kaltim Melebihi Rata-Rata Nasional, Disebut Sudah 'On The Track'

Pemprov Kaltim mengklaim telah berhasil menyerap anggaran belanja daerah (ABPD) sebesar 72% hingga akhir November 2023.
Ilustrasi APBD/kopel-online.or.id
Ilustrasi APBD/kopel-online.or.id

Bisnis.com, SAMARINDA –– Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim) mengklaim telah berhasil menyerap anggaran belanja daerah (ABPD) sebesar 72% hingga akhir November 2023.

Penjabat (Pj.) Gubernur Kaltim Akmal Malik mengatakan angka ini melebihi rata-rata nasional yang hanya mencapai 62%.

Menurut dia, target penyerapan ABPD Kaltim pada tahun 2023 adalah 93% dan optimis dapat mencapainya. Dia menambahkan bahwa secara pembangunan fisik, hampir semua proyek yang dianggarkan telah selesai.

“Saat ini, yang perlu diselesaikan adalah pertanggungjawaban. Kami sudah berada di jalur yang diharapkan (on the track), bahkan melampaui estimasi yang telah kami tetapkan,” ujarnya saat diwawancara media di Kantor Gubernur Kaltim, Kamis (30/11/2023).

Untuk mendukung penyerapan ABPD Kaltim yang optimal, Akmal berharap ada lelang dini pada tahun 2024 atau pra Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA).

Dengan demikian, pemerintah daerah dapat segera melaksanakan program dan kegiatan yang telah direncanakan tanpa harus menunggu proses administrasi yang lama.

Adapun, dia juga mengakui adanya kendala yang sering terjadi dalam penyerapan ABPD Kaltim, yaitu keterlambatan karena adanya kekurangan pembayaran atau transfer dana dari pusat yang tiba-tiba.

“Hal ini seringkali membuat kami kesulitan dalam menyusun rencana, termasuk penundaan pada pedoman teknis (juknis). Solusi yang kami ajukan adalah memprioritaskan penggunaan dana lebih awal, sehingga jika ada pencairan dana dari pusat, kami dapat lebih fokus dalam penggunaannya,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper