Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Program Beasiswa Kaltim 2024 Kembali Dibuka

Program beasiswa telah mendorong kompetisi akademik yang lebih ketat, dengan peningkatan bertahap dalam standar IPK mahasiswa penerima beasiswa.
Kepala Badan Pengelola Beasiswa Kaltim (BP-BKT) Iman Hidayat
Kepala Badan Pengelola Beasiswa Kaltim (BP-BKT) Iman Hidayat

Bisnis.com, SAMARINDA –– Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim) Kembali membuka program beasiswa yang ditujukan untuk seluruh lapisan masyarakat di tahun 2024.

Program ini diyakini merupakan tanggapan terhadap tingginya antusiasme dan harapan masyarakat Benua Etam yang telah lama menantikan kesempatan pendidikan yang lebih baik.

Kepala Badan Pengelola Beasiswa Kaltim (BP-BKT) Iman Hidayat menyatakan antara tanggal 27 Februari hingga 5 Maret 2024, telah diadakan serangkaian kegiatan sosialisasi di seluruh kabupaten dan kota untuk memastikan bahwa informasi tersampaikan secara efektif. 

“Bahwa pada 20 Februari 2024, telah ditayangkan pengumuman mengenai jadwal beasiswa. Sengaja dibuat seperti itu supaya kesalahan kesalahan yang terjadi dari pendaftar tahun sebelumnya bisa dikurangi dan 27 februari dibuka petunjuk teknis,” ujarnya di Samarinda, Selasa (5/3/2024).

Dalam lima tahun terakhir, kata Iman, program beasiswa telah mendorong kompetisi akademik yang lebih ketat, dengan peningkatan bertahap dalam standar IPK mahasiswa penerima beasiswa.

Selain itu, program ini diharapkan dapat berkontribusi pada peningkatan akreditasi perguruan tinggi di Kaltim, dengan fokus khusus pada peningkatan jumlah pengajar dengan gelar S3. 

"Saat ini tidak ada universitas di Kaltim yang akreditasi nya A, ternyata kendala mereka adalah kekurangan pengajar S3 dari yang disyaratkan. Maka sejak 2022 sampai 2023 kita prioritaskan," tambahnya.

Sebagaimana diketahui, program Beasiswa Kaltim mencakup dua jenis utama, yaitu beasiswa tuntas dan beasiswa stimulan, yang dirancang untuk mendukung siswa dari berbagai latar belakang, termasuk mereka yang putus sekolah dan keluarga tidak mampu. 

Dengan program ini, Iman menuturkan bahwa Pemprov Kaltim telah berhasil membantu 25.358 mahasiswa untuk menyelesaikan pendidikan mereka. 

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan SMA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltim Jasniansyah menekankan pentingnya inisiatif ini dalam memajukan daerah.

“Pemprov Kaltim berkomitmen penuh untuk mengembangkan SDM yang berkualitas sebagai kunci utama dalam meningkatkan daya saing daerah. Ini untuk memastikan bahwa ekonomi dan kesejahteraan masyarakat kita terus berkembang, sambil mengurangi tingkat kemiskinan,” sebutnya.

Program beasiswa yang mencakup jenjang pendidikan dari siswa hingga mahasiswa ini, diharapkan dapat membuka pintu bagi banyak individu untuk mengakses pendidikan berkualitas dan mengurangi angka putus sekolah.

Adapun, dia meminta masyarakat untuk memahami lebih baik tentang esensi dari beasiswa Kaltim, termasuk persyaratan, jadwal, dan prosedur pendaftaran. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper