Mahakam Ulu Belum Pernah Manfaatkan Kuota Pupuk Bersubsidi

Oleh: Nadya Kurnia 21 Maret 2017 | 17:48 WIB
Mahakam Ulu Belum Pernah Manfaatkan Kuota Pupuk Bersubsidi
Pupuk Bersubsidi-Ilustrasi./Antara-Ekho Ardiyanto

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Meskipun belum ada kelompok tani di Kabupaten Mahakam Ulu yang menyusun Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK), PT Pupuk Kaltim tetap menyediakan pasokan pupuk bersubsidi untuk daerah tersebut.

Account Executive PT Pupuk Kaltim Wilayah Kaltimra Dede Sulistyawan mengatakan Pemprov Kaltim tetap menyertakan daerah tersebut dalam usulan alokasi pupuk bersubsidi.

"Memang sampai saat ini belum ada kelompok tani yang menyusun dan mengajukan RDKK, tapi tetap disediakan jatah subsidinya. Siapa tahu tahun ini ada, jadi petaninya tetap akan mendapatkan pasokan," jelasnya, Selasa (21/3/2017).

Dalam alokasi pupuk subsidi tahun lalu, Mahakam Ulu juga tidak mengambil persediaan yang disiapkan lantaran belum ada kelompok tani yang terbentuk dan mengusulkan RDKK.

Dede menjelaskan untuk mendapatkan pupuk subsidi, para petani harus membentuk kelompok tani dan menyusun RDKK pupuk subsidi yang nantinya akan diserahkan ke kecamatan.

"RDKK itu nanti akan diteruskan dan dikumpulkan dari tingkat kota/kabupaten, provinsi, dan hingga ke Kementerian Pertanian. Nanti kementerian yang akan menentukan besaran alokasinya," jelas Dede.

Apabila suatu daerah tidak memanfaatkan alokasi pupuk subsidinya, kuota untuk daerah tersebut akan dipindahkan ke daerah lain yang membutuhkan alokasi tambahan.

Sebagai tambahan informasi, sepanjang tahun ini PT Pupuk Kaltim mengalokasikan 15.900 ton pupuk urea dan 24.800 NPK untuk kebutuhan subsidi para petani di Kaltimra.

Editor: Fajar Sidik

Berita Terkini Lainnya