BPMPD Dorong Mahakam Ulu Untuk Membentuk BUMDes

Oleh: Nadya Kurnia 07 Juni 2017 | 14:32 WIB
BPMPD Dorong Mahakam Ulu Untuk Membentuk BUMDes
Festival Mahakam/Antara

Bisnis.com, BALIKPAPAN--Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan Desa Kaltim mendorong pembentuka BUMDes di Kabupaten Mahakam Ulu.

Kabupaten terluar itu merupakan satu-satunya daerah yang belum memiliki BUMDes.

Menurut Kepala BPMPD Kaltim Jauhar Effendi, BUMDes dibentuk untuk menampung kegiatan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Baik yang berkembang menurut adat istiadat dan budaya setempat, ataupun kegiatan perekonomian yang diserahkan untuk dikelola oleh masyarakat melalui program pemerintah," jelasnya, Rabu (7/6/2017).

Pembentukan BUMDes diharapkan mampu memaksimalkan potensi masyarakat desa dari aspek ekonomi, sumber daya alam, dan sumber daya manusia.

Selain itu, BUMDes juga dapat menyerap tenaga kerja di pedesaan, meningkatkan kreatifitas, serta membuka peluang usaha ekonomi produktif bagi penduduk yang berpenghasilan rendah.

"Ada tahapan yang harus dilewati dalam pembentukannya. Perangkat desa harus melakukan inisiatif desa yang dirumuskan secara partisipatif oleh seluruh komponen penduduk desa," sambung Jauhar.

BUMDes juga dibentuk atas inisiatif pemerintah kabupaten sebagai bentuk intervensi pembangunan pedesaan untuk mempercepat pembangunan daerah.

Dia meminta agar BUMDes yang telah terbentuk agar berkegiatan aktif, dan agar daerah yang belum memiliki BUMDes agar segera membentuknya.

"Tahapannya meliputi membangun kesepakatan antara masyarakat dan pemerintah desa untuk mendirikan BUMDes, kemudian kepala desa mengusulkan kepada BPD agar mengadakan musyawarah dan mengundang panitia pembentukan BUMDes," tutup Jauhar.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya