Libur Lebaran, Konsumsi Pertamax dan Pertalite di Balikpapan Naik

Oleh: Nadya Kurnia 04 Juli 2017 | 17:25 WIB
Petugas mengisi bahan bakar minyak (BBM) ke mobil, di Bandung, Jawa Barat, Rabu (1/7/2015)./JIBI-Rachman

Bisnis.com, BALIKPAPAN -- Konsumsi BBM di Kota Balikpapan dan sekitarnya meningkat selama libur Lebaran. Kenaikan konsumsi tersebut didominasi Pertamax dan Pertalite.

PT Pertamina MOR VI Kalimantan mencatat kenaikan Pertamax mencapai 21%, atau 68 KL per hari dibanding hari-hari normal. Sedangkan konsumsi Pertalite naik sebesar 12%, atau 271 KL per hari dibanding hari-hari normal.

"Konsumsi Premium justru turun 5%, atau hanya 125 KL per hari. Hingga H+4, konsumsi beberapa produk masih meningkat," jelas Area Manager Communication and Relations Pertamina MOR VI Alicia Irzanova, Selasa (4/7/2017).

Tren kenaikan Pertamax dan Pertalite itu dianggapnya sebagai perubahan minat konsumsi masyarakat yang menandai semakin bijaknya masyarakat dalam memilih BBM.

"Apalagi untuk berkendara jarak jauh saat arus mudik dan balik, pengendara membutuhkan BBM yang lebih nyaman untuk digunakan,” jelasnya.

Seperti yang diprediksikan, lanjut dia, konsumsi BBM untuk mesin diesel mengalami penurunan yang cukup signifikan. Konsumsi produk Solar tercatat turun hingga 53 % atau berkisar di angka 52 KL per hari dan konsumsi Dexlite turun hingga 60 % dengan rata-rata konsumsi harian sejumlah 8 KL.

"Melihat variasi tren konsumsi produk BBM tersebut, Pertamina akan terus melakukan pemantauan melalui Tim Satuan Tugas yang bekerja hingga H+15 Lebaran. Pengecekan langsung ke lapangan juga secara rutin dilaksanakan oleh Sales Executive kami guna memetakan titik-titik yang rawan kepadatan. Stok pun kami jamin aman", tutup Alicia.

Editor: Nancy Junita

Berita Terkini Lainnya

Berita Populer