Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Balikpapan Siapkan Regulasi Angkutan Kota Baru untuk Dukung IKN

Dishub Kota Balikpapan menyusun regulasi dan rute angkutan kota (angkot) baru demi menyongsong Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, BALIKPAPAN ––  Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Balikpapan menyusun regulasi dan rute angkutan kota (angkot) baru demi menyongsong Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. 

Kepala Dinas Perhubungan Kota Balikpapan Adwar Skenda Putera menekankan bahwa kota ini memerlukan aturan transportasi yang adaptif untuk mendukung perannya sebagai beranda utama IKN di Provinsi Kalimantan Timur.

“Kota Balikpapan sudah menjadi salah satu kota yang menjadi mitra dari IKN Nusantara. Untuk itu harus benar-benar dilakukan penataan kotanya, termasuk di dalamnya adalah penataan angkutan kota,” ujarnya yang dikutip, Jumat (17/5/2024).

Pria yang akrab disapa Edo ini, berencana untuk memperkenalkan rute-rute baru yang akan mengintegrasikan angkutan kota ke dalam jaringan lingkungan perumahan dan kompleks, mirip dengan sistem yang ada di Jakarta.

Dia mengungkapkan bahwa jalan utama di masa depan akan diperuntukkan bagi angkutan umum massal, dan bakal mengurangi gesekan antar moda transportasi.

Dishub juga berencana menambah fasilitas di Pelabuhan Semayang untuk mendukung angkutan umum massal. 

Adapun, Edo menuturkan bahwa Dishub telah menerbitkan Surat Edaran untuk menghindari konflik antara pengemudi online dan angkutan kota. 

“Jadi taati lah aturan kota ini, silakan masuk, jangan semau-maunya,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper