Kukar Targetkan Kunjungan 2,1 Juta Wisatawan pada 2017

Oleh: Nadya Kurnia 06 Agustus 2017 | 17:55 WIB
Jembatan Kutai Kartanegara/skyscrapercity.com

Bisnis.com, BALIKPAPAN--Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara menargetkan kunjungan wisata sebanyak 2,1 juta wisatawan sepanjang 2017, angka target tersebut naik dari realisasi kunjungan wisata selama setahun silam.

Pada 2016, realisasi kunjungan wisata Kukar mencapai 1,9 juta wisatawan, yang terdiri dari sekitar 5.000 wisatawan mancanegara, dan sisanya berasal dari dalam negeri.

Kepala Dinas Pariwisata Kukar Sri Wahyuni optimistis target tersebut dapat tercapai, mengingat destinasi wisata di daerah tersebut tergolong menarik dan beragam, mulai dari budaya, sejarah, alam, dan objek wisata buatan.

"Kukar punya wisata sejarah, wisata pendidikan, wisata buatan. Kalau wisata sejarah, ada museum mulawarman yang didalamnya ada benda-benda milik kerajaan, ada makam raja-raja," jelasnya Minggu, (6/8/2017).

Selain itu, terdapat Kedaton Kutai yang bisa dikunjungi. Sedangkan untuk wisata pendidikan, Kukar memiliki Planetarium yang memiliki ruang theater. Untuk wisata alam, terdapat air terjun, dan Bukit Bangkirai yang memiliki canopy bridge.

Dinas Pariwisata pun rutin menggelar event dan mempromosikannya ke luar daerah. Dalam setahun, ada beberapa festival budaya skala internasional yang digelar di Tenggarong, ibukota Kukar.

Dua festival besar diantaranya adalah Erau yang belum lama ini berlangsung selama beberapa hari, dan Festival Seni Lanjong yang akan dihelat pada pertengahan Agustus.

"Promosi melalui media sosial, dan langsung ke luar daerah. Meskipun anggatan promosi wisata hanya Rp100 juta, kami tetap upayakan semaksimal mungkin dengan menggandeng berbagai pihak," tutup Sri.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya

Berita Populer