Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PHRI Kaltim Siapkan Destinasi Wisata Baru di Kutai Kartanegara

Destinasi wisata ini akan dibangun di atas lahan seluas dua hektar lebih dengan fasilitas cottage, outing, outbound, dan wedding.
Ilustrasi papan penanda hotel./Ist
Ilustrasi papan penanda hotel./Ist

Bisnis.com, BALIKPAPAN — Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kaltim berencana membuka destinasi wisata baru di daerah Ambarawang, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). 

Destinasi wisata ini akan dibangun di atas lahan seluas dua hektare lebih dengan fasilitas cottage, outing, outbound, dan wedding.

Ketua PHRI Kaltim, Sahmal Ruhip, mengatakan bahwa proyek ini merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan sektor pariwisata di Kaltim, khususnya di sekitar wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN). 

"Kita akan bangun minimal 100 kamar cottage di sana dan itu harga investasi nanti DP-nya sekitar Rp50 juta tapi sebulan bisa menghasilkan puluhan juta. Kita juga akan menyiapkan fasilitas umum lainnya untuk menarik wisatawan,” ujarnya, Senin (3/7/2023).

Untuk memasarkan destinasi wisata ini, Sahmal mengaku akan bekerja sama dengan anggota PHRI Kaltim dan instansi terkait lainnya. 

“Kita akan pasarkan sendiri di lingkungan kita [anggota PHRI] dulu. Misalnya Kota Balikpapan ngambil 150 kamar, Bontang 10, Samarinda 10, abis itu 200-300 sebentar saja,” ungkapnya.

Sahmal menambahkan bahwa proyek ini juga menawarkan kesempatan bagi investor yang tertarik untuk berpartisipasi. “Kita jual Rp350.000 kali 100 kamar saja, satu bulan Rp1 miliar lebih. Paling-paling ya, Rp800 juta bersihnya,” paparnya.

Sahmal mentatakan terinspirasi oleh model bisnis yang sudah banyak diterapkan di daerah Bali. “Di TV itu begitu. Anda investasi cuma 10-15 juta bisa gratis setahun dua kali, tapi setelah itu Anda akan mendapat benefit tersendiri,” tuturnya.

Sahmal berharap agar proyek ini dapat mendapat dukungan dari semua pihak, terutama masyarakat sekitar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper