BI Beri Beasiswa ke Universitas Borneo Tarakan

Oleh: Eldwin Sangga 17 Maret 2018 | 16:32 WIB
: Kepala KPw BI Kaltara Hendik Sudaryanto (kedua dari kiri) bersama Rektor UBT Prof Adri Patton (kedua dari kanan) melakukan penandatanganan nota kesepahaman penyaluran beasiswa Genbi, Sabtu (17/3/2018) - Bisnis.com/Eldwin Sangga

Bisnis.com, TARAKAN - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Universitas Borneo Tarakan (UBT) terkait penyaluran beasiswa.

Kepala KPw BI Kaltara Hendik Sudaryanto mengatakan penyaluran beasiswa Generasi Baru Indonesia (Genbi) di UBT sudah memasuki tahun ke empat. Tahun sebelumnya kuota penerima Genbi di Kaltara berjumlah 40 orang. 

"Tahun ini (2018) meningkat menjadi 50 orang yang menerima beasiswa Genbi," cetus Hendik kepada Bisnis hari ini Sabtu (17/3/2018).

Dalam penerimaannya juga, melalui proses yg panjang dan diakui sudah sesuai prosedur, seperti melalui proses administrasi, hingga akhirnya melalui tes wawancara oleh Bank Indonesia. 

"Memang perlu diberi penekanan soal pemerataannya," ujarnya. 

Juga, katanya, beasiswa Genbi tidak hanya terpusat untuk mahasiswa dari Tarakan saja, daerah lain di Kaltara juga mendapatkan kesempatan.

Hendik membeberkan beasiswa Genbi yang akan diterima oleh penerimanya dianggarkan Rp12 juta per penerima. 

"Jadi sebulan itu dapat satu juta per orang untuk 12 bulan. Namun pencairannya per 6 bulan sekali," bebernya. 

Dia mengharapkan agar beasiswa Genbi yang akan diterima dapat digunakan sebaik-baiknya. Juga dapat membantu prestasi penerima beasiswa. 

Dia menambahkan saat ini di Kaltara hanya UBT saja yang mendapatkan program beasiswa Genbi. Sebab, hanya UBT saja kampus negeri di Kaltara. Namun, katanya, ada kemungkinan juga untuk kampus swasta akan mendapatkan juga program yang sama. 

"Bisa juga diberikan kepada swasta, tapi kecil kemungkinannya. Dalam hal. Susah untuk melakukan seleksi. Tapi di Jawa sudah ada," katanya. 

Rektor UBT Prof. Adri Patton mengapresiasi kepada Bank Indonesia yang sudah memprogramkan beasiswa Genbi. Punya komitmen yang tulus dan ikhlas untuk mencerdaskan anak bangsa sesuai amanat UUD 1945.

"Kami meminta kepada BI kepada penerima yabg berjumlah 50 orang, tidak hanya berfokus kepada yang berprestasi saja. Tapi kami juga mengharapkan ada kuota-kuota tertentu yang dari 5 kabupaten kota di Kaltara," ungkapnya. 

Editor: Sutarno

Berita Terkini Lainnya