Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Aneka Tambang (ANTM) Gandeng Inalum Garap Smelter

Dua perusahaan milik negara, PT Aneka Tambang (Persero) Tbk. dan PT Indonesia Asahan Alumunium (Persero) berencana membentuk perusahaan patungan (joint venture/JV) untuk menggarap proyek smelter grade alumina refinery (SGAR) di Mempawah, Kalimantan Barat.

Bisnis.com, JAKARTA--Dua perusahaan milik negara, PT Aneka Tambang (Persero) Tbk. dan PT Indonesia Asahan Alumunium (Persero) berencana membentuk perusahaan patungan (joint venture/JV) untuk menggarap proyek smelter grade alumina refinery (SGAR) di Mempawah, Kalimantan Barat.

Dua perusahaan itu akan segera membuat skema kerja sama yang akan dituangkan dalam suatu perjanjian antara pemegang saham (shareholder agreement) sebelum mendirikan perusahaan patungan tersebut.

Kedua belah pihak juga akan mengundang investor asing dari Rusia, Tiongkok atau Uni Emirat Arab untuk bekerja sama dalam proyek ini. Investor tersebut telah memiliki pengalaman di industri aluminium dan pengolahan bijih bauksit menjadi alumina.

Direktur Utama Aneka Tambang Tedy Badrujaman mengatakan kesepakatan antara kedua belah pihak tersebut merupakan langkah lanjutan setelah ditandatanganinya nota kesepahaman pada Juli lalu.

“Pembangunan SGAR Mempawah akan meningkatkan nilai cadangan bauksit Aneka Tambang yang besar melalui kegiatan hilirisasi,” paparnya dalam acara penandatanganan perjanjian antara kedua belah pihak di Kementerian BUMN, Kamis (15/10/2015).

Proyek SGAR itu rencananya memiliki kapasitas sebesar 2 juta ton SGA per tahun yang akan dibangun secara bertahap. Pada tahap pertama, kapasitas diperkirakan mencapai 1 juta ton per tahun dengan kebutuhan bijih baukit sebesar 6 juta wet metric ton (wmt).

Dengan proyek tersebut, emiten berkode saham ANTM dan Inalum dapat mengolah cadangan bauksit yang tersedia. Inalum dapat memperoleh pasokan bahan baku alumunium dari dalam negeri ehingga mengurangi ketergantungan impor alumina.

Berdasarkan suatu dokumen perjanjian antara Kementerian BUMN dan China Development Bank (CDB), nilai investasi proyek SGAR itu diperkirakan mencapai US$1,7 miliar-US$1,8 miliar atau lebih dari Rp20 triliun.

CDB diperkirakan bakal mengucurkan pinjaman senilai US$1 miliar-US$1,5 miliar kepada Aneka Tambang untuk menggarap proyek tersebut. Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan rencana pemberian pinjaman itu tengah diproses pada saat ini.

Direktur Utama Inalum Winardi Sunoto mengatakan sinergi dengan Aneka Tambang merupakan salah satu upaya agar perseroan dapat merealisasikan industri hulu alumunium sehingga akan terintegrasi sampai produk hilir sebagai bagian dari upaya peningkatan nilai tambah dan daya saing.

Pada saat ini, Inalum memliki kapasitas pelebuhan alumunium sebesar 250.000 ton alumunium ingot per tahun yang membutuhkan minimal 500.000 ton alumina per tahun. Pada 2020, perusahaan ingin meningkatkan kapasitas peleburan menjadi 500.000 ton yang membutuhkan 1 juta ton alumina sebagai bahan baku.

Pada tahun depan, Inalum berencana menghasilkan produk baru yaitu alumunium billet dan alumunium allyos, selain alumunium ingot yang telah diproduksi selama ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper