Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kaltim Siapkan Anggaran Rp1 Milair Rebut Pulau Balabalagan

Pemprov Kaltim menyiapkan dana Rp1 miliar untuk merebut Pulau Balabalagan dari Sulawesi Barat melalui gugatan di Mahkamah Konstitusi.
Rezza Aji Pratama
Rezza Aji Pratama - Bisnis.com 10 Desember 2015  |  11:37 WIB
Posisi Pulau Balabalagan di Selat Makassar. - google.co.id
Posisi Pulau Balabalagan di Selat Makassar. - google.co.id

Bisnis.com, SAMARINDA—Pemprov Kaltim menyiapkan dana Rp1 miliar untuk merebut Pulau Balabalagan dari Sulawesi Barat melalui gugatan di Mahkamah Konstitusi.

Kepala Biro Kerjasama Penataan Wilayah, dan Perbatasan Pemprov Kalimantan Timur Tri Murti Rahayu menuturkan pihaknya telah membentuk tim yang bertugas mengkaji UU No. 26/2004 tentang Pembentukan Wilayah Sulawesi Barat. Adapun gugatan uji materil akan dilayangkan pada tahun depan.

“Anggaran yang kami ajukan sebenarnya Rp6 miliar, tetapi tidak terakomodir," katanya kepada Bisnis, Rabu (10/12/2015).

Pulau Balabalagan yang terletak di lepas pantai timur Pulau Kalimantan sebenarnya telah masuk  wilayah Sulawesi Barat. Namun secara jarak lebih dekat dengan Kabupaten Paser yang masuk wilayah Kaltim. Letak geografisnya sekitar 33 mil dari pantai Kaltim dan 50 mil dari pantai Sulbar. Tri menilai akses masyarakat ke Sulbar juga tidak mudah karena terdapat palung yang merupakan lintasan laut internasional.

Pulau ini menjadi rebutan karena menawarkan potensi wisata yang tinggi. Selain itu, Pulau Balabalagan juga diprediksi memiliki cadangan migas yang sangat besar karena masih termasuk areal blok Mahakam. Kendati demikian, Tri menampik jika dikatakan Pemprov ngotot merebut pulau ini karena tergiur minyaknya. 

Tri menuturkan selain untuk menggugat di MK, anggaran ini juga akan dipakai untuk sosialisasi Pulau Balabalagan dalam berbagai pameran. Menurutnya, secara historis pulau tersebut lebih dekat dengan Kaltim. Selain itu, dia juga mengklaim masyarakat di sana lebih memilih bergabung dengan Kaltim ketimbang Sulbar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kalimantan timur pulau
Editor : Rachmad Subiyanto
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top