Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Samarinda Kini Punya Papan Informasi Harga Bahan Pangan

Pemkot Samarinda memiliki papan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) yang diharapkan dapat menekan laju inflasi di daerah itu.
Kebutuhan pokok di pasar tradisional./Ilustrasi-Bisnis
Kebutuhan pokok di pasar tradisional./Ilustrasi-Bisnis

Bisnis.com, SAMARINDA—Pemkot Samarinda memiliki papan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) yang diharapkan dapat menekan laju inflasi di daerah itu.

Penjabat Wali Kota Samarinda Meilina berharap Tim Pengendalian Inflasi Daerah Kota Samarinda selalu memperbaharui data-data harga barang di pasar, sehingga konsumen punya gambaran harga sebelum berbelanja. Dengan diresmikannya papan PIHPS tersebut, dia berharap setidaknya dapat menjaga ekspektasi harga di tingkat konsumen serta memperkecil kesalahan informasi dalam rangka menjaga inflasi di Kota Samarinda di level yang rendah dan bisa stabil.

“Apalagi, sampel harga juga diambil pada beberapa pasar yang ada di Samarinda, sehingga informasinya nanti bisa menjadi referensi sebelum berbelanja,” katanya, Kamis (10/12/2015).

Keberadaan papan PIHPS tersebut menurut Meiliana, sangat membantu warga dalam memberikan informasi yang berkualitas terkait harga dan produksi komoditas agar menjadi lebih paham terhadap kondisi aktual yang terjadi, sehingga ekspektasi inflasi diharapkan lebih terkendali.

Sementara Kepala Bank Indonesia Perwakilan Kaltim dan Kalimantan Utara Mawardi B. H. Ritonga menyatakan keberadaan papan informasi di sejumlah pasar dimaksudkan agar tidak ada lagi kesenjangan harga yang mencolok antara pasar satu dengan yang lain.

Papan PIHPS itu juga mendidik masyarakat agar bisa membuat keputusan sebelum membeli sayur mayur atau lainnya di pasar tradisional dengan mempertimbangkan nominal harga.

"Bahkan, dengan data yang tersaji lengkap ini, masyarakat juga bisa memilih pasar mana yang mau dikunjungi dengan rata-rata patokan harga terendah," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper