Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Atasi Macet, Balikpapan Tiru Cara Jakarta

Pemerintah Kota Balikpapan akan mengadopsi sistem tata transportasi DKI Jakarta untuk menanggulangi kepadatan lalu lintas di jalan-jalan utama di Kota Balikpapan.
Ilustrasi/JIBI
Ilustrasi/JIBI
Bisnis.com, BALIKPAPAN — Pemerintah Kota Balikpapan akan mengadopsi sistem tata transportasi DKI Jakarta untuk menanggulangi kepadatan lalu lintas di jalan-jalan utama di Kota Balikpapan.
 
Namun, Kepala Dinas Perhubungan Balikpapan Sudirman Djayaleksana mengaku belum mendapat gambaran pasti sistem transportasi yang mana yang akan diterapkan pada sistem transportasi Balikpapan.
 
“Kami sedang merancang peraturan daerah tentang tata transportasi, sistemnya akan mengadopsi tata transportasi DKI Jakarta. Termasuk untuk parkir nakal atau aturan untuk jumlah penumpang dalam satu kendaraan pribadi,” tuturnya, Senin (11/1/2016).
 
Dia mengatakan, peraturan itu dibuat untuk melengkapi rancangan pengaturan tata tranportasi dan lalu lintas Balikpapan.
 
Saat ini, jalan-jalan utama Balikpapan mulai mengalami kemacetan lantaran kepadatan kendaraan dan banyaknya kendaraan yang parkir di pinggir jalan.
 
Selain mengatur transportasi dengan perda, Dishub juga tengah menyelesaikan tahapan pengadaan sarana angkutan umum massal (SAUM).
 
Seperti Transjakarta, bus-bus SAUM nantinya akan beroperasi dengan koridor-koridor yang melayani rute transportasi seluruh kota.
 
“Jadi semua tata transportasi akan sinergis, perdanya ada, fasilitas penunjang juga ada. Kami tidak bisa menindak pelanggar parkir nakal kalau gedung parkirnya saja tidak kami sediakan,” tutup Sudirman.
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nadya Kurnia
Editor : Yoseph Pencawan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper