Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mumpung Gerhana Matahari Total, Ini Rencana Balikpapan

Gerhana matahari total pada 9 Maret mendatang dapat disaksikan di beberapa provinsi di Indonesia, antara lain Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah dan lain-lain.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara
Bisnis.com, BALIKPAPAN — Pemerintah Kota Balikpapan akan menggunakan momentum gerhana matahari total pada 9 Maret mendatang untuk mengadakan acara yang dapat menarik minat wisatawan.
 
Kepala Dinas Pemuda Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata Kota Balikapapan Oemy Facelsy mengatakan, pemerintah berencana mengadakan acara di Pantai Manggar dan Lapangan Merdeka saat gerhana matahari berlangsung.
 
Seperti yang diketahui, gerhana matahari total pada 9 Maret mendatang dapat disaksikan di beberapa provinsi di Indonesia, antara lain Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah dan lain-lain.
 
“Menurut prediksi, di Lapangan Merdeka gerhana matahari total bisa disaksikan selama 2 menit 48 detik, sementara di Pantai Manggar bisa disaksikan selama 48 detik. Waktunya sekitar jam 07.30-08.00 Wita,” tuturnya, Senin (18/1/2016).
 
Dia mengatakan di Pantai Manggar akan diadakan pesta laut dengan rangkaian acara olahraga tradisional.
 
Sementara di Lapangan Merdeka akan diadakan pertunjukan kesenian daerah dan bazaar kuliner. Disporabudpar Balikpapan akan menggandeng PHRI dan Asita.
 
Namun, Oemy tak menyebutkan berapa jumlah wisatawan domestik ataupun wisatawan asing yang ditargetkan dapat ditarik untuk hadir dalam momentum gerhana matahari total tersebut.
 
“Nanti Dinas Pendidikan Balikpapan juga akan mengajak anak-anak pelajar untuk sekalian mempelajari astronomi. Jadi semua acara pada momentum itu akan diakomodir oleh Pemkot Balikpapan dan instansi pariwisata terkait,”
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nadya Kurnia
Editor : Yoseph Pencawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper