Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ilustrasi/JIBI
Ilustrasi/JIBI
Bisnis.com, BALIKPAPAN — Kelompok Tani Hikma di Balikpapan berhasil memproduksi bawang merah pada areal tanam seluas 5 hektare di Kelurahan Teritip dengan hasil produksi sebanyak 18 ton per hektare dan  masa tanam selama 60 hari.
 
Kepala Dinas Pertanian, Kelautan, dan Perikanan Yoesmianto mengatakan, ini pertama kalinya kelompok tani Balikpapan berhasil menanam dengan luas lahan mencapai 5 hektare.
 
Areal tanam seluas 5 hektare ini tersebar di tiga lokasi di Kelurahan Teritip. Lahan seluas 1,5 hektare ditanami dengan bibit dan dirawat dengan pupuk secara mandiri oleh masyarakat dan sisanya dibantu oleh Pemkot Balikpapan.
 
“Bibitnya berasal dari Brebes, dibiayai dari APBD Provinsi Kaltim sebanyak Rp120 juta dan APBD Kota Balikpapan sebanyak Rp85 juta. Kami minta sebagian bibitnya agar disimpan untuk penanaman ke depan, dengan perkiraan produksi sebanyak 18 ton per hektare,” tuturnya, Selasa (19/1/2016).
 
Penanaman bawang merah ini juga merupakan upaya uji coba kecocokan tanam dengan areal tanam yang luas sebab sebelumnya luas area tanam tak pernah mencapai 5 hektare.
 
Rencananya, Yoes akan menambah luas lahan yang akan ditanami bawang merah pada penanaman selanjutnya di masa mendatang.
 
Namun lahan tambahan harus menghitung terlebih dahulu. Penambahan luas lahan tanam bawang merah ini juga akan dimasukkan ke dalam Rencana Pembangunan Menengah Jangka Panjang Daerah lima tahun ke depan.
 
“Produksi 5 hektare itu baru mencukupi sekitar 5% dari kebutuhan masyarakat, kami targetkan paling tidak ke depannya bisa mencukupi kebutuhan sampai 15%. Umumnya kebutuhan per orang itu 3 Kg per tahun, jadi perlu 720 ton per tahun untuk Balikpapan,”
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nadya Kurnia
Editor : Yoseph Pencawan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper