Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkot Samarinda Diminta Serius Lakukan Penataan Kota

Pemerintah Kota Samarinda diminta untuk serius dalam mewujudkan Samarinda menjadi kota modern serta pembenahan sistem tata kota sebagai Ibu Kota Kalimantan Timur.
Kota Samarinda menjelang malam/Ilustrasi-www.kotatepiansamarinda.blogspot.com
Kota Samarinda menjelang malam/Ilustrasi-www.kotatepiansamarinda.blogspot.com

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Pemerintah Kota Samarinda diminta untuk serius dalam mewujudkan Samarinda menjadi kota modern serta pembenahan sistem tata kota sebagai Ibu Kota Kalimantan Timur.

Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim Agus Suwandy mengatakan bahwa dengan usia yang hampir setengah abad tersebut Samarinda harus menjadi kota yang dewasa dalam menata tata kotanya, sebagai Ibu Kota.

Samarinda harus menjadi panutan tak hanya di sektor infrastruktur pembangunan saja namun di seluruh sektor penunjang pembangunan lainnya.

"Samarinda harus menjadi acuan bagi kota lainnya di Kaltim, sebagai ibu kota serta pusat pemerintahan, pembenahan tata kota harus menjadi fokus yang paling penting," ujarnya seperti yang dikutip, Sabtu (23/1/2016).

Keseriusan Pemkot Samarinda dalam membenahi tata kota harus benar-benar diwujudkan, bukan hanya menjadi pencitraan politik bagi pemerintah kota.

Menurut Agus, masih banyak pekerjaan pemerintah yang harus segera diselesaikan, terutama permasalahan penataan Pedagang Kaki Lima (PKL) serta keberadaan parkir liar di sepanjang jalan di pusat kota.

Ke depannya, Samarinda akan tumbuh begitu pesat dengan banyaknya bangunan-bangunan, baik sebagai tempat tinggal, perkantoran pemerintah dan swasta, maupun tempat usaha.

"Ke depan Samarinda akan terus tumbuh, namun harus dibarengi dengan penataan. Misalkan, bangunan-bangunan yang sekiranya melanggar ketentuan segera dicegah agar tak menjamu. PKL mesti diberikan tempat khusus untuk berjualan jangan hanya digusur namun tidak diberikan solusi. Begitu juga dengan parkir liar, harus terdapat lahan parkir yang memadai agar tidak sampai melebar ke bahu jalan," tuturnya.

Agus berharap Samarinda menjadi kota idaman seluruh warga, jangan menjadi kota yang selalu bereksperimen, baik pembangunan maupun kebijakan pemerintahnya.

"Pemkot Samarinda harus membuktikan sebagai pemerintahan yang matang dalam menjalankan fungsinya sebagai pelayan masyarakat," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper