Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mobil Komersial Jadi Tulang Punggung Daihatsu di Balikpapan

PT Astra Internasional (Persero) Daihatsu Cabang Balikpapan akan tetap mengandalkan mobil segmen komersial sebagai tulang punggung penjualan sepanjang 2016, dengan harapan penjualan dapat tumbuh 12%.
Ilustrasi/JIBI
Ilustrasi/JIBI
Bisnis.com, BALIKPAPAN — PT Astra Internasional (Persero) Daihatsu Cabang Balikpapan akan tetap mengandalkan mobil segmen komersial sebagai tulang punggung penjualan sepanjang 2016, dengan harapan penjualan dapat tumbuh 12%.
 
Kepala Cabang Astra Daihatsu Cabang Balikpapan Junaidy Jirajaya mengatakan, sejak awal tahun 2015 hingga November,  pihaknya berhasil mencatat penjualan pada mobil pikap tumbuh sebesar 18% pada segmen mobil komersial.
 
“Untuk penjualan mobil segmen komersial di Balikpapan sendiri berhasil tumbuh 21% sampai dengan November 2015, dan penjualan pikap Daihatsu tumbuh 18%. Berkontribusi 55% pada penjualan Daihatsu di Balikpapan,” tuturnya, belum lama ini.
 
Pangsa penjualan otomotif di Balikpapan mengalami penurunan sebesar 25%.
 
Namun, rata-rata penjualan Daihatsu justru mengalami pertumbuhan sebesar 3%-4%. Keberhasilan itu, dikontribusi oleh penjualan pikap dan Daihatsu Ayla.
 
Oleh karena itu, untuk menggairahkan penjualan, Junaidy mengatakan Daihatsu akan meluncurkan satu produk baru pada segmen komersial.
 
Dan varian baru Daihatsu Ayla dengan tiga baris tempat duduk. Keduanya akan diluncurkan pada semester kedua.
 
Lebih lanjut, dia memproyeksikan penjualan pada segmen komersial dapat tumbuh hingga 20% apabila pertumbuhan ekonomi daerah dapat membaik.
 
Sebab, penjualan segmen komersial sangat bergantung pada kondisi ekonomi daerah.
 
Pengguna pikap banyak berasal dari pengusaha-pengusaha perdagangan kecil ataupun menengah yang membutuhkan mobil pikap untuk mengangkut barang-barang dagangannya.
 
“Kami optimistisnya ya realistis saja. Gambaran penjualan segmen otomotif kan menurun semua, tapi segmen komersial justru tumbuh. Makanya kami hanya dapat mengandalkan penjualan segmen komersial saja,”
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nadya Kurnia
Editor : Yoseph Pencawan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper