Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Fasilitas Dibenahi, Kaltim Target Datangkan 5 Juta Wisnus

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kaltim Aswin mengatakan, sepanjang tahun ini, jumlah kunjungan wisatawan domestik di Kaltim mencapai 2 juta wisatawan.
Yanita Petriella
Yanita Petriella - Bisnis.com 15 Februari 2016  |  18:00 WIB
Fasilitas Dibenahi, Kaltim Target Datangkan 5 Juta Wisnus
Wisatawan menikmati pemandangan matahari terbit dengan panorama Gunung Bromo di Pananjakan, Jawa Timur, Sabtu 15 Maret 2014. - JIBI / Nurul Hidayat
Bagikan
Bisnis.com, SAMARINDA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menargetkan 5 juta wisatawan nusantara (wisnus) berkunjung ke Bumi Etam sepanjang tahun ini.
 
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kaltim Aswin mengatakan, sepanjang tahun ini, jumlah kunjungan wisatawan domestik di Kaltim mencapai 2 juta wisatawan.
 
"Tahun lalu target kami tercapai untuk wisatawan domestik sekitar 2 juta orang. Tahun ini kami optimis bisa 5 juta wisatawan domestik ke Kaltim," ujarnya kepada Bisnis, kemarin.
 
Pemprov Kaltim juga menargetkan sebanyak 50.000 kunjungan wisatawan mancanegara sepanjang 2016.
 
Untuk mencapai target wisatawan domestik maupun mancanegara pada tahun ini, pihaknya melakukan sejumlah langkah untuk dapat mencapai target tersebut yakni dengan melakukan perbaikan sejumlah fasilitas objek wisatawan.
 
"Kami lakukan perbaikan destinasi wisata, perbaikan dan penambahan jalan menuju akses wisata. Jalan harus baik dan fasilitas bandara juga diperbaiki," katanya.
 
Selain itu, untuk dapat menarik wisatawan ke Bumi Etam, Pemprov Kaltim pun mengadakan sejumlah event seperti festival Budaya Erau Kutai dan sebagainya.
 
"Tahun ini juga ada gerhana matahari. Kami juga akan selenggarakan banyak event untuk narik jumlah wisatawan seperti Erau, kami yakin target tahun ini juga tercapai,"
 
Sementara itu, Ketua DPD Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Kaltim Eddy Yusuf Assainar berharap Pemprov bersama pemerintah kabupaten dan pemerintah kota bekerja sama untuk dapat melakukan pembenahan untuk setiap sektor yang dapat menunjang destinasi wisata di Kaltim.
 
"Kami berharap Pemprov dapat berkerjasama dengan pemkab maupun pemda untuk melakukan pembenahan maupun pembangunan infrastruktur destinasi wisata di Kaltim,"
 
Menurutnya, perbaikan tersebut perlu dilakukan untuk seluruh wisata di Kaltim, tidak hanya berfokus pada destinasi unggulan seperti Kepulauan Derawan saja.
 
Pasalnya, di setiap kabupaten dan kota Kaltim memiliki berbagai destinasi wisata yang menarik wisatawan domestik maupun mancanegara.
 
"Jangan hanya mengandalkan Kepulauan Derawan. Di kabupaten kota banyak yang bagus jadi beri fasilitas karena jangan sampai orang hanya datang sekali saja ke Kaltim. Perlu ada kerja sama dari Pemprov  dengan Pemkab maupun Pemkot,"
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wisatawan
Editor : Yoseph Pencawan
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top