Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bayar Pajak Kendaraan di Kalsel akan Bisa Melalui Handphone

Dinas Pendapatan Daerah Kalimantan Selatan bersama Bank Kalsel sedang mempersiapkan sistem pembayaran pajak kendaraan bermotor berjaringan atau secara online.
Ilustrasi/JIBI
Ilustrasi/JIBI
Bisnis.com, BANJARMASIN - Dinas Pendapatan Daerah Kalimantan Selatan bersama Bank Kalsel sedang mempersiapkan sistem pembayaran pajak kendaraan bermotor berjaringan atau secara online.
 
Pimpinan Bidang Pengembangan Sistem Jaringan Bank Kalsel Haji Iwan mengatakan, upaya pengembangan sistem pelayanan pajak berjaringan tersebut sebagai salah satu upaya mengatasi terjadinya antrean panjang para wajib pajak yang akan membayar pajak di kantor Samsat.
 
"Dispenda dan Bank Kalsel telah mempersiapkan sistem pembayaran berjaringan seperti yang diharapkan, sehingga masyarakat tidak perlu datang ke Kantor Samsat," ujarnya, Kamis (14/7/2016).
 
Dengan sistem ini, masyarakat yang akan membayar pajak tahunan, cukup melalui perangkat telepon gengggam atau smartphone dengan mengunduh aplikasinya di palystore atau melalui website Bank Kalsel.
 
Aplikasi layanan online pembayaran pajak melalui aplikasi perangkat digital tersebut, kini sedang dalam tahap persiapan dan diharapkan dalam waktu dekat bisa segera dioperasikan.
 
Sistem ini menanggapi keluhan masyarakat terhadap pelayanan di Samsat, di mana masyarakat harus antre hingga empat jam, saat membayar pajak kendaraan bermotor.
 
Pimpinan Bidang Produk Dana dan Jasa Bank Kalsel Suryadi mengatakan, beberapa waktu lalu, tim Bank Kalsel dan Dispenda melakukan studi banding ke Jawa Timur yang telah menerapkan sistem pembayaran online.
 
Dari hasil kunjungan tersebut, Dispenda bersama Bank Kalsel kini sedang mempersiapkan materi aplikasi berupa E-Samsat, sehingga nantinya wajib pajak dapat melakukan pembayaran pajak kendaraan melalui perangkat handpone dan melakukan transfer langsung ke rekening Samsat.
 
Sistem ini, selain akan memudahkan wajib pajak, juga diharapkan mampu menekan praktik percaloan yang mungkin masih terjadi. Rencananya layanan E-Samsat Online, bisa dinikmati masyarakat Kalsel pada triwulan pertama tahun 2017.
 
"Mempercepat pelaksanaan sistem ini, kami telah melakukan studi banding ke Bank Jatim dan Pemprov Jawa Timur, yang sudah menerapkan sistem ini terlibih dulu."
 
Selain memersiapkan produk layanan E-Samsat, bagi nasabahnya, Bank Kalsel juga akan memberikan layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor di seluruh jaringan kantor, bagi wajib pajak yang belum memiliki rekening di Bank Kalsel.
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Yoseph Pencawan
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper