Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Atasi Macet, Pontianak Percepat Proyek Jembatan Landak

Ketua DPRD Kota Pontianak, Satarudin, menyatakan, pihaknya mendorong percepatan pembangunan paralel Jembatan Landak dalam mengatasi kemacetan di jembatan itu, yang saat ini sudah masuk tahap perencanaan.
Jebatan parelel Kapuas-Landak./Antara Foto
Jebatan parelel Kapuas-Landak./Antara Foto
Bisnis.com, PONTIANAK - Ketua DPRD Kota Pontianak, Satarudin, menyatakan, pihaknya mendorong percepatan pembangunan paralel Jembatan Landak dalam mengatasi kemacetan di jembatan itu, yang saat ini sudah masuk tahap perencanaan.
 
"Tahun ini mulai dianggarkan, Insa Allah tahun depan (tahun 2017) sudah bisa dimulai pembangunannya," katanya di Pontianak, Minggu (17/7/2016).
 
Ia menjelaskan, pihaknya siap membantu pemerintah, yakni dalam hal mendorong dengan cara dianggarkan dalam APBD Pemkot Pontianak.
 
"Kalau memang memungkinkan secepatnya pembangunan Jembatan Landak bisa dilakukan pembangunan, dan begitu juga terhadap pembangunan paralel Jembatan Kapuas I."
 
Ketua DPRD Kota Pontianak menambahkan, dalam mengatasi kemacetan di jalan-jalan protokol Pontianak, pihaknya mendukung upaya penertiban yang dilakukan oleh Pemkot Pontianak.
 
Sebelumnya, Wakil Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menyatakan, pihaknya akan menerapkan pengaturan jam operasional terhadap kendaraan-kendaraan besar untuk menekan tingkat kemacetan di kota itu.
 
Ia menjelaskan pengaturan jam operasional terhadap kendaraan-kendaraan besar tersebut adalah solusi mengatasi kemacetan jangka pendek di jalan-jalan protokol di Kota Pontianak.
 
Kemacetan saat ini sering terjadi di Kota Pontianak terutama pada Jembatan Kapuas I dan Jembatan Landak yang kapasitas jalannya kecil namun jumlah kendaraannya sangat banyak.
 
"Kemacetan pada titik-titik tertentu juga sangat dipengaruhi oleh terbaginya Kota Pontianak atau dipisahkannya oleh sungai menyebabkan terputusnya sirkulasi pergerakan masyarakat sehingga mendesak untuk dibangunnya Jembatan Kapuas III."
 
Dengan dibangunnya Jembatan Kapuas III maka akan semakin banyak jalan penghubung sehingga konsentrasi kendaraan akan terpecah, tidak menyatu pada satu jalur seperti sekarang di Jalan Paralel Jembatan Kapuas I hingga Jembatan Landak.
 
"Untuk jangka panjangnya, mudah-mudahan tahun 2017, Jembatan Kapuas III akan segera dibangun, karena dananya menggunakan APBN pusat, yang tahun ini baru masuk perencanaan."
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Yoseph Pencawan
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper