Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Festival Kesenian, EIFAF Kutai Sedot Animo Sembilan Negara

Delegasi kesenian dari sembilan negara, termasuk anggota International Council of Organizations of Folklore Festivals and Folk Arts, dijadwalkan hadir memeriahkan penyelenggaraan Erau Adat Kutai dan International Folk Art Festival (EIFAF) pada 20-28 Agustus 2016.
Tarian Keraton Kesultanan Kutai./Antara Foto
Tarian Keraton Kesultanan Kutai./Antara Foto
Bisnis.com, TENGGARONG - Delegasi kesenian dari sembilan negara, termasuk anggota International Council of Organizations of Folklore Festivals and Folk Arts, dijadwalkan hadir memeriahkan penyelenggaraan Erau Adat Kutai dan International Folk Art Festival (EIFAF) pada 20-28 Agustus 2016.
 
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur Sri Wahyuni mengatakan, sembilan negara yang mengirimkan delegasi kesenian masing-masing Amerika Serikat, Lithuania, Estonia, Bulgaria, Kanada, Polandia, Rumania, Rusia dan Taiwan.
 
"Masing-masing negara tersebut akan mengirimkan satu grup kesenian, kecuali Taiwan yang tahun ini mendelegasikan dua grup keseniannya," katanya, Selasa (19/7/2016).
 
Selain dari mancanegara, ada tiga daerah di Indonesia yang menyampaikan keinginannya berpartisipasi memeriahkan Erau Adat Kutai, yaitu Kabupaten Sleman, Gunung Kidul dan Bandung.
 
"Tentunya untuk memperkenalkan kekayaan seni dan budaya asli daerah, tuan rumah Kutai Kartanegara akan menampilkan 70 grup kesenian,"
 
Pada penyelenggaraan tahun keempat ini, EIFAF mengangkat tema "Melalui EIFAF Kita Lestarikan Budaya dalam Pergaulan Antar-Bangsa, Guna Mendukung Kemajuan Pariwisata Daerah dan Nasional".
 
Menurut Sri Wahyuni, keikutsertaan delegasi kesenian dari anggota CIOFF sudah berlangsung sejak festival seni dan budaya ini digelar pertama kali di Kota Raja Tenggarong pada 2013.
 
Kehadiran mereka merupakan bentuk pertukaran dan pembelajaran seni pertunjukkan kesenian sehingga diharapkan bisa semakin memperkenalkan Tenggarong atau Kutai Kartanegara serta budaya Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura kepada masyarakat luar negeri.
 
"Dari ajang EIFAF ini, Kutai Kartanegara maupun Tenggarong khususnya bisa lebih terkenal sebagai tujuan wisata dan menjadi salah satu pusat kegiatan seni budaya nasional."
 
Bahkan, festival seni dan budaya Erau di Kutai Kartanegara kini masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia 2016 untuk kategori festival budaya terpopuler, yang pemungutan suaranya berlangsung hingga 23 Agustus 2016.
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Yoseph Pencawan
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper