Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenpar Incar Wisman Malaysia Timur dan Brunei

Kementerian Pariwisata akan menggelar Festival Wonderful Indonesia di Sajingan, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, pada awal November 2016.
Ilustrasi/Antara Foto
Ilustrasi/Antara Foto

Bisnis.com, PONTIANAK - Kementerian Pariwisata akan menggelar Festival Wonderful Indonesia di Sajingan, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, pada awal November 2016.

Menurut Kabid Festival Pasar Asia Tenggara Festival Wonderful Indonesia Kementerian Pariwisata Eddy Susilo, festival tersebut merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.

"Rencananya kegiatan yang berlangsung di Pos Lintas Batas Aruk, Sajingan, Sambas tersebut akan akan dilaksanakan pada tanggal 5-6 November 2016," ungkapnya, Jumat (21/10/2016).

Dia menjelaskan, FWI di Sajingan merupakan salah satu program unggulan Kemenpar tahun ini. Dimana Menteri Pariwisata menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara sebanyak 12 juta orang pada tahun ini.

"Target tahun ini kunjungan wisman yakni harus meningkat 20% dibanding capaian kunjungan wisman sebesar 10,4 juta orang pada tahun 2015."

Ia menargetkan pergelaran FWI di Sajingan Sambas akan mampu menarik minat wisman dari Malaysia Timur dan Brunai Darussalam.

Menurutnya dalam kegiatan tersebut akan ada sejumlah rangkaian kegiatan seperti hiburan rakyat dan pergelaran lainnya.

"Berkaca pada kegiatan festival sebelumnya mampu menarik 3.330 wisman asal Malaysia. Jadi kami optimistis kali ini bisa menarik wisman hingga 15 ribu lebih."

Eddy menerangkan, Kemenpar juga ingin agar wisata menjadi unggulan masyarakat dalam meningkatkan ekonominya. Berdasarkan data yang ada bahwa pariwisata adalah penyumbang devisa terbesar ke empat dan penyumbang PDB.

"Sektor pariwisata di Indonesia juga mampu menyerap tenaga kerja sekitar 9,9 juta sehingga dengan dampak yang luas maka Kemenpar terus meningkatkan pengembangan potensi daerah di Indonesia, termasuk di Sambas."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Yoseph Pencawan
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper