Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Banjarbaru Cari Investor Pasar

Pemerintah Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, sedang mencari investor yang tepat untuk membangun dan mengelola pasar tradisional modern di daerahnya.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 30 Oktober 2016  |  16:49 WIB
Pembeli memilah ikan asin di salah satu pasar tradisional di Jakarta. - JIBI / Dwi Prasetya
Pembeli memilah ikan asin di salah satu pasar tradisional di Jakarta. - JIBI / Dwi Prasetya

Bisnis.com, BANJARBARU - Pemerintah Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, sedang mencari investor yang tepat untuk membangun dan mengelola pasar tradisional modern di daerahnya.

Menurut Wakil Wali Kota Banjarbaru, Darmawan Jaya Setiawan, Pemkot masih menunggu investor untuk membangun pasar yang tertata rapi, bersih dan modern, seperti di Bumi Serpong Damai (BSD) Tangerang.

"Perencanaan pembangunan pasar tradisional modern sudah disiapkan dan lahannya juga tersedia," ungkapnya, Minggu (30/10/2016).

Dia menjelaskan, Pemkot Banjarbaru menginginkan sebuah pasar tradisional modern sehingga dapat memberikan kenyamanan bagi pengunjung.

Adapun lahan yang akan dibangun pasar yakni Stadion Mini Gawi Sabarataan di Jalan RO Ulin Banjarbaru Selatan.

"Permasalahan tanahnya masih terus berproses dan diharapkan selesai tahun ini sehingga pembangunan pasar di lokasi stadion bisa dimatangkan dan terealisasi dalam waktu dekat."

Menurut dia, pembangunan pasar tradisional modern itu merupakan visi dan misi saat mencalonkan diri bersama Wali Kota Nadjmi Adhani pada pemilihan kepala daerah 2015.

"Visi dan misi kami salah satunya membangun pasar tradisional modern dengan memindahkan Pasar Bauntung yang sudah tidak bisa dikembangkan lagi ke lokasi baru di stadion itu."

Selain itu, dia juga mengungkapkan bahwa Pemkot masih mempertimbangkan model kerja sama yang akan ditawarkan ke investor dalam pembangunan dan pengelolaan pasar tersebut. Bisa saja kerja sama bersifat Built, Operate and Transfer (BOT).

"Kami masih mencari formula yang cocok apakah dibantu investor dengan sistem BOT atau membangun sendiri melalui dana APBD murni Banjarbaru dibantu Pemprov dan Pusat."

Dia memastikan pasar tradisional modern cukup mendesak dibangun karena Kota Banjarbaru memerlukan sebuah pasar yang bersih, tertata rapi dan modern serta jauh dari kesan kumuh.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pasar Tradisional

Sumber : Antara

Editor : Yoseph Pencawan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top