Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

KIK Balikpapan Jadi Kawasan Percontohan Kemudahan Investasi Langsung Konstruksi

Bisnis.com, BALIKPAPAN--Kawasan Industri Kariangau Balikpapan menjadi salah satu kawasan percontohan dalam program Kemudahan Investasi Langsung Konstruksi (KLIK) Jilid II.
Nadya Kurnia
Nadya Kurnia - Bisnis.com 23 Februari 2017  |  20:32 WIB
Wali Kota Balikpapan dalam penandatangan MOU di Nusa Dua, Bali, Rabu (22 - 2)
Wali Kota Balikpapan dalam penandatangan MOU di Nusa Dua, Bali, Rabu (22 - 2)

Bisnis.com, BALIKPAPAN--Kawasan Industri Kariangau Balikpapan menjadi salah satu kawasan percontohan dalam program Kemudahan Investasi Langsung Konstruksi (KLIK) Jilid II.

Program yang diluncurkan oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal itu diikuti oleh sembilan kota/kabupaten. Rabu malam, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi menandatangani nota kesepahaman dengan kepolisian daerah setempat.

Dalam keterangan resmi Diskominfo Balikpapan, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Balikpapan Elvin Junaidi mengatakan KLIK bertujuan untuk memudahkan dan menjamin keamanan investasi daerah, khususnya pada kawasan yang ditetapkan.

"Dengan adanya kemudahan tersebut, diharapkan akan meningkatkan peluang investasi di daerah sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat," papar Elvin.

Menurutnya, bentuk kemudahan yang akan diterima investor pada program tersebut adalah investor dapat langsung membangunan proyek meskipun perizinan masih dalam proses pengurusan.

Biasanya, lanjut dia, pembangunan baru dimulai apabila perizinan lengkap sudah dikantongi oleh investor. Penetapan KIK untuk lokasi penerapan KLIK di Balikpapan sendiri telah ditetapkan melalui Surat Keputusan Kepala BKPM No. 17/2017.

Kepala BKPM Thomas Trikasih Lembong mengatakan peluncuran KLIK berperan penting dalam peningkatan daya saing daerah. Pada 2016, terdapat 14 kawasan industri yang ditetapkan oleh presiden, namun kini diperluas menjadi 32 kawasan industri dengan total luas 13.000 Ha yg tersebar di seluruh indonesia.

"Seluruh daerah harus meningkatkan kualitas dan daya saing melalui revolusi mental dengan percepatan perizinan. Harus cekatan, dengan melakukan terobosan untuk mempermudah perizinan," tutupnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

balikpapan
Editor : Fajar Sidik
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top