Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

BI-Kepolisian Perkuat Kerja Sama Pengamanan Kiriman Uang di Balikpapan

Bisnis.com, BALIKPAPAN-Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan memperkuat kerja sama dengan Polda Kaltim dalam hal pengawalan dan pengamanan kegiatan bank sentral.
Nadya Kurnia
Nadya Kurnia - Bisnis.com 08 Maret 2017  |  15:37 WIB
Gedung Bank Indonesia di Jakarta. - JIBI/Dedi Gunawan
Gedung Bank Indonesia di Jakarta. - JIBI/Dedi Gunawan

Bisnis.com, BALIKPAPAN-Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan memperkuat kerja sama dengan Polda Kaltim dalam hal pengawalan dan pengamanan kegiatan bank sentral.

Kedua belah pihak melangsungkan penandatangan nota kesepahaman hari ini, Rabu (8/3/2017) yang juga merupakan tindak lanjut dari kesepakatan serupa antara gubernur bank sentral dan Polri.

Adapun kerja sama yang disepakati antara lain pelaksanaan penanganan dugaan tindak pidana di bidang sistem pembayaran dan penukaran valas, pelaksanaan pengamanan barang berharga milik negara, dan lain-lain.

"Banyak operasional harian bank sentral yang bersinggungan dengan keamanan, jadi dibutuhkan bantuan polisi, baik dalam pengamanan kantor atau pengamanan saat mengantar uang ke kantor kas lain," jelas Kepala Departemen Regional III R. Mirmansyah, Rabu (8/3/2017).

Dia mengatakan sebelumnya kerja sama serupa sudah terjalin. Pihak kepolisian selalu dilibatkan saat bank sentral melaksanakan kegiatan kas keliling atau pengantaran uang ke kota lain.

Seperti yang diketahui, Kwpk Bank Indonesia Balikpapan merupakan depo kas bagi kantor cabang bank sentral di Samarinda dan Palu (Sulteng) dan bagi daerah-daerah lain yang tidak terdapat kantor cabang bank sentral.

"Kami menitipkan kas ke bank-bank yang sudah buka kantor cabang di daerah-daerah jauh melalui skema kerja sama. Saat ini, kantor perwakilan bank sentral di Kaltim kan baru ada di Balikpapan dan Samarinda," sambungnya.

Sementara itu, Kapolda Kaltim Irjen Pol. Safaruddin mengatakan pengerahan personil kepolisian untuk pengamanan dan pengawal selalu dilaksanakan sesuai kebutuhan dan ugrensi kegiatan.

"Personil yang kami terjunkan juga harus terlatih untuk menghadapi potensi-potensi terburuk di lapangan, seperti perampokan atau kendala teknis. Tapi sampai saat ini, semua kendala di lapangan berhasil kami atasi," tutupnya.

Konferensi Pers tentang MoU antara Bank Indonesia Balikpapan dengan Polda Kaltim, di Balikpapan, Rabu (8/3).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

balikpapan
Editor : Fajar Sidik
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top