Kaltara Fokus Pembangunan Infrastruktur dan Energi

Kepala Bappeda dan Litbang Kaltara, Frederick Ellia Guckang mengatakan pemerintah memprioritaskan pembangunan untuk mendorong kesejahteraan masyarakat. Namun program tersebut harus sinkron dengan program nasional dan optimalisasi program.
Eldwin Sangga | 20 Februari 2018 15:52 WIB

Bisnis.com, TANJUNG SELOR - Kepala Bappeda dan Litbang Kaltara, Frederick Ellia Guckang mengatakan pemerintah memprioritaskan pembangunan untuk mendorong kesejahteraan masyarakat. Namun program tersebut harus sinkron dengan program nasional dan optimalisasi program.

Dia mengatakan sebagaimana arahan Gubernur Kaltara Irianto Lambrie bahwa pihaknya menginginkan tetap fokus terhadap pembangunan infrastruktur dan energi.

Menurut Frederick untuk mendorong industri di Kaltara, dua hal itu yang akan didahulukan agar tercapai pembangunan yang maksimal sesuai dengan harapan.

“Sebagaimana RPJMD kita, termasuk fokus RKPD bahwa fokus saja dulu kalau mau berkembang semua industri di Kaltara. Karena kalau listrik dan infrastruktur tak memadai, bangun hotel saja sulit. Kedepan fokus kita tetap terhadap kebutuhan dasar tersebut agar cita-cita industri yang berkembang itu bisa tercapai,” katanya.

Dijelaskan, bahwa gerak cepat semua pihak untuk melakukan pembangunan dua sektor tersebut sangat diperlukan. Mulai dari internal pemerintahan, termasuk dukungan dari legislasi dan semua pihak hingga masyarakat di Kaltara.

Menurutnya, pemerintah daerah memiliki batas waktu dan ruang gerak yang terbatas sehingga butuh gerakan cepat. Oleh sebab itu, butuh kerjasama dalam bentuk invetasi yang besar di Kaltara untuk mewujudkan hal tersebut, mengingat kemampuan keuangan daerah yang terbatas pula.

“Yang menjadi permasalahan dalam melakukan investasi biasanya adalah lahan. Karena lahan yang dibutuhkan misalnya untuk pembangunan PLTA saja itu ribuan hektare. Namun itu yang harus kita lakukan untuk mewujudkan pembangunan dan beberapa di antaranya sampai saat ini sudah semakin on progress,” bebernya.

Sementara itu, ia juga menyampaikan bahwa beberapa proyek Kaltara masuk Kawasan Startegis Nasional (KSN). Oleh karena itu, ia berharap banyak pemerintah pusat dapat memberikan perhatian lebih kepada Kaltara, dengan upaya yang dilakukan sejauh ini.

“Mega proyek yakni PLTA dan Pelabuhan KIPI ini harus mendapat dukungan pula, termasuk, KBM (Kota Baru Mandiri). Ini akan berpengaruh terhadap perekonomian dan kesejahteraan sehingga ini sangat penting untuk mendapat dukungan dari semua pihak,” pungkasnya.

Tag : kaltara
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top