Gubernur Kalbar Ingin Hadiah Lomba Durian Unggul Rp30 Juta

Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji menginginkan lomba festival buah durian terunggul dihadiahi uang tunai antara Rp30 juta hingga Rp50 juta bagi pemenang bukan ratusan ribu rupiah.
Yanuarius Viodeogo
Yanuarius Viodeogo - Bisnis.com 14 Januari 2019  |  20:20 WIB
Gubernur Kalbar Ingin Hadiah Lomba Durian Unggul Rp30 Juta
/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA -- Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji menginginkan lomba festival buah durian terunggul dihadiahi uang tunai antara Rp30 juta hingga Rp50 juta bagi pemenang bukan ratusan ribu rupiah.

"Ini [hadiah puluhan juta rupiah] tentu akan memberikan semangat para petani memelihara dan mengembangkan durian unggulannya tidak lagi ditebang dan dijual pohonnya," kata Sutarmidji dari siaran pers Pemprov Kalimantan Barat, Sabtu Minggu (13/1/2019). 

Hal itu disampaikan saat membuka Festival Durian Borneo 2019 di Desa  Punggur Kecil, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya.

Menurutnya, Kalbar memiliki 12 varietas unggul durian dan merupakan durian hutan yang bisa bertahan lama. 

Sutarmidji mengutarakan, Kalbar memiliki asal durian yang terkenal dari Balai Karang, tetapi dia meyayangkan sebagian pohon durian tidak dipelihara dan dipertahankan. 

"Pohon durian tersebut dibeli warga negara tetangga alasannya untuk dipergunakan kayunya tetapi mereka memanfaatkan pucuk pucuk durian unggulan tersebut dan disambung dijadikan bibit di tempat mereka," ujar dia. 

Sehingga, menurutnya, mereka mengklaim buah yang enak miliknya dan mereka sukses membudidayakan pohon tersebut.

Oleh karena itu, kata Sutardmiji, masyarakat mau menjaga dan merawat pohon durian unggulannya dan mengadakan lomba memberikan hadiah bagi pemenang yang sangat besar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
durian, kalbar

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top