Bandara APT Pranoto Samarinda Layani 3.900 an Penumpang Per Hari

Bandara Aji Pangeran Tumenggung Pranoto di Samarinda, Kalimantan Timur, telah melayani 3,9 ribu penumpang per hari sejak masuknya penerbangan dari Sriwijaya Air Group yaitu NAM Air sebanyak 42 penumpang.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 12 Februari 2019  |  20:19 WIB
Bandara APT Pranoto Samarinda Layani 3.900 an Penumpang Per Hari
Bandara Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto atau Bandara Samarinda Baru

Bisnis.com, BALIKPAPAN – Bandara Aji Pangeran Tumenggung Pranoto di Samarinda, Kalimantan Timur, telah melayani 3,9 ribu penumpang per hari sejak masuknya penerbangan dari Sriwijaya Air Group yaitu NAM Air sebanyak 42 penumpang.

Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) APT Pranoto Samarinda Dodi Dharma Cahyadi mengatakan kedatangan NAM Air di Bandara APT Pranoto kini ada enam maskapai penerbangan besar yang sudah masuk.

Adapun enam itu antara lain yakni; Express Air, Citilink, Garuda Indonesia, Lion Air, Batik Air dan NAM Air.

"Dengan adanya pelayanan dari beberapa maskapai besar melalui Bandara APT Pranoto, maka saat ini ada 42 penerbangan antarprovinsi maupun lokal Kaltim," kata Dodi melalui siaran pers, Selasa (12/2/109).

Dodi mengatakan sampai saat ini rutinitas penumpang yang datang maupun berangkat dari APT Pranoto sudah mencapai 3.973 orang per harinya, belum termasuk penumpang NAM Air.

Dodi menyatakan jika dikalkulasikan per tahun, rutinitas penumpang yang berangkat dan datang melalui APT Pranotor Samarinda diperkirakan mencapai 1,5 juta penumpang.

Dodi menyebut ini sudah mencapai target yaitu 1,2 juta per tahun. Dia berharap APT bisa menjadi pintu gerbang pertumbuhan ekonomi masyarakat di Kalimantan Timur.

Sementara itu, Sales Manager Sriwijaya Air Area District Balikpapan Rudizar Putra mengatakan kepada Bisnis, bahwa NAM Air memang sudah terbang dari Surabaya ke Samarinda dengan harga mulai Rp909.000 dan Rp844.000.

Awalnya harga tiket dari Surabaya ke Samarinda seharga Rp1,73 juta. Waktu penerbangan Samarinda ke Surabaya mullai jam 14.00 WITA yang terbang setiap hari secara langsung.

“Iya, sekarang rute direct ke Surabaya dan Banjarmasin sudah beroperasi,” kata Rudizar.

Rudizar juga mengatakan NAM Air menambah rute penerbangan dari Samarinda ke Banjarmasin dari Rp1,3 juta menjadi Rp679.000.

Sementara untuk Banjarmasin ke Samarinda dari Rp1,3 juta menjadi Rp704.000. Penerbangan dari Samarinda ke Banjarmasin oleh NAM Air berangkat dari pukul 11.40 WITA secara langsung.

Rudizar menyebut beberapa rute lain yang dilayani NAM Air dari Bandara APT Pranoto Samarinda antara lain ke Sampit dia Banjarmasin. Lalu ada penerbangan Bandung, Yogyakarta, Semarang, Denpasar, Jakarta, dan Ujung Pandang via Surabaya. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
samarinda, Bandara APT Pranoto

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top