Kemenag Palangkaraya Belum Tetapkan Nilai Zakat

Kantor Kementerian Agama Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah belum menetapkan besaran nilai zakat fitrah yang harus dibayarkan warga di kota setempat pada Ramadhan 1440 Hijriah/2019 Masehi.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 11 Mei 2019  |  12:24 WIB
Kemenag Palangkaraya Belum Tetapkan Nilai Zakat
Umat muslim membayarkan zakat fitrah kepada panitia amil zakat - Antara/M Agung Rajasa

Bisnis.com, PALANGKARAYA--Kantor Kementerian Agama Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah belum menetapkan besaran nilai zakat fitrah yang harus dibayarkan warga di kota setempat pada Ramadhan 1440 Hijriah/2019 Masehi.

"Untuk saat ini kami belum menetapkan nilai zakat. Biasanya penetapan besaran zakat akan ditetapkan mendekati Lebaran," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Palangka Raya Baihaqi, Sabtu.

Dia menerangkan, alasan belum ditetapkannya besaran zakat fitrah karena saat ini Kantor Kementerian Agama Kota Palangka Raya bersama pihak terkait lainnya masih memantau harga beras dan emas di pasaran di kota setempat yang dimungkinkan masih bisa bergerak atau belum stabil.

Hal itu, lanjut dia, karena ketetapan zakat fitrah yang diharus dibayar didasarkan pada konversi data harga beras dan harga emas di pasar selama beberapa hari menjelang Lebaran.

"Saat ini kami bersama pihak terkait masih dalam tahap pemantauan harga beras di pasaran. Kalau ditetapkan saat ini dikhawatirkan ada kenaikan harga beras saat mendekati Lebaran. Ini yang kami antisipasi, agar nantinya jika pun ada selisih antara besaran zakat fitrah dan harga beras di pasar tidak terlalu jauh" kata Baihaqi.

Zakat Fitrah ialah zakat diri yang diwajibkan atas diri setiap individu lelaki dan perempuan Muslim yang berkemampuan dengan syarat-syarat yang ditetapkan.

"Ketetapan zakat fitrah yang wajib dibayar oleh umat Islam sesuai syaratnya setiap tahunnya nilai berbeda atau disesuaikan dengan harga beras dan emas saat itu," jelasnya.

Selain menetapkan zakat fitrah, nantinya juga akan ditetapkan pula pembayaran fidyah atau denda bagi orang yang tidak berpuasa karena tidak mampu menjalankan sesuai syarat dan ketentuan yang ada.

Masyarakat Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah yang dikenal dengan julukan "Kota Cantik" itu pun diminta untuk bersabar menantikan pengumuman besaran dana zakat dan fidyah pada Ramadhan 2019 dari Kantor Kementerian Agama kota setempat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
zakat, palangkaraya

Sumber : Antara

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top