Dishub Kaltim Siap Antisipasi Kepadatan Penumpang Saat Arus Balik

Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Timur mencatat arus mudik Lebaran pada tahun ini di provinsi itu berjalan dengan aman dan lancar.
Bunga Citra Arum Nursyifani | 06 Juni 2019 09:43 WIB
Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan di Balikpapan, Kalimantan Timur. - BUMN.go.id

Bisnis.com, SAMARINDA—Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Timur mencatat arus mudik Lebaran pada tahun ini di provinsi itu berjalan dengan aman dan lancar.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kaltim Salman Lumoindong mengatakan sejauh ini lalu lintas mudik baik sungai, laut, darat, dan udara cukup kondusif. “Alhamdulillah pelaksanaan arus mudik Lebaran tahun ini berjalan aman dan lancar. Sampai saat ini tidak ada gejolak yang berarti,” katanya dalam rilis yang diterima Bisnis, Kamis (6/6/2019).

Dia mengakui sempat terjadi penumpukan penumpang pada penyeberangan menuju Mamuju, Sulawesi Barat, akibat keterbatasan daya tampung. Namun, hal tersebut sudah diantisipasi dengan penambahan armada hingga menjadi tiga kapal yang melayani penyeberangan.

“Ke depan, jalur dari Balikpapan menuju Mamaju arus mudik cukup besar. Kondisi ini menjadi perhatian kita dengan melakukan antisipasi terhadap lonjakan penumpang,” tuturnya.

Sementara untuk jalur mudik lainnya di Kaltim, menurut Salman cukup kondusif, termasuk untuk angkutan udara masih stabil. “Angkutan laut kita terbantu dengan adanya bantuan kapal TNI yang mengangkut penumpang gratis menuju Surabaya. Angkutan darat dari laporan kita terima cukup kondusif dan tidak ada masalah,” tuturnya.

Pihaknya pun juga telah melakukan persiapan untuk mengantisipasi lonjakan arus balik yang mulai terjadi pada H+2. Pembangunan posko dengan koordinasi bersama pihak kepolisian, dinas perhubungan  kabupaten dan kota, dinas pekerjaan umum dan perumahan serta dinas kesehatan terus dilakukan untuk memantau aktivitas penumpang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kaltim

Editor : Bunga Citra Arum Nursyifani

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top