Libur Lebaran, Kapal Wisata Pesut Etam Ramai Peminat

Trip yang dibuka selama tiga hari pada libur Lebaran ini masuk kategori trip regular dari Samarinda menuju Tenggarong, Kabupaten Kutai Kertanegara.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 06 Juni 2019  |  13:32 WIB
Libur Lebaran, Kapal Wisata Pesut Etam Ramai Peminat
Kapal Pesut Etam. - JIBI/Istimewa

Bisnis.com, SAMARINDA—Kapal wisata untuk Susur Sungai Mahakam yakni Pesut Etam tinggi peminat saat libur Lebaran.

Aris, pengelola Kapal Wisata Pesut Etam, mengatakan bahwa pihaknya telah mengumumkan beroperasinya kapal ini pada tanggal 7 Juni 2019 sampai 9 Juni 2019. Begitu pengumuman dikeluarkan, animo pendafar cukup tinggi.

“Kalau dibandingkan tahun lalu kami belum lihat. Ini baru promosi, peminatnya langsung masuk sudah lebih dari 30 orang,” ujar Aris saat dihubungi Bisnis, Kamis (6/6/2019).

Aris menyatakan trip yang dibuka selama tiga hari pada libur Lebaran ini masuk kategori trip regular dari Samarinda menuju Tenggarong, Kabupaten Kutai Kertanegara. Khusus Lebaran biaya yang dikenakan Rp100.000 untuk dewasa dan Rp50.000 untuk anak-anak.

Selain tiket untuk naik kapal, harga ini sudah mencakup soundsystem perlengkapan karaoke, snack, kopi, teh, tiket masuk Pulau Kumala, dan asuransi jiwa.

Selama Ramadan, kapal wisata ini juga tetap membuka trip regular pada akhir pekan. Trip regular ini menawarkan senja di atas kapal wisata sambil berbuka puasa.

Kapal Pesut Etam adalah salah satu dari beberapa kapal wisata yang melayani wisatawan susur Sungai Mahakam.

Maklum saja, Sungai Mahakam memiliki panjang 920 kilometer, lebar 300-500 meter dan luas 149.277 kilometer persegi. Sungai Mahakam tercatat sebagai sungai terpanjang kedua di Indonesia.

Trip regular dimulai pukul 16.00 WITA, wisatawan yang umumnya adalah keluarga atau tim akan berkumpul di Dermaga Mahakam Ilir. Rombongan biasanya sudah melakukan registrasi sebelum masuk ke Kapal Wisata Pesut Etam.

Khusus bulan Ramadan, trip dimulai pukul 17.00 WITA, para penumpang akan mendapatkan free takjil dan paket makanan untuk berbuka puasa.

Pesut Etam yang biasa berlayar pada Sabtu dan Minggu kali ini akan melalui rute; Monumen Pesut, Tepian Mahakam, Teluk Lerong Garden, Samarinda Seberang, Jembatan Mahakam Kembar, Jembatan Mahakam, Big Mall Samarinda, Masjid Islamic Center Samarinda, Masjid Raya Darussalam, Kampung Cina, Pelabuhan Penumpang, Pabrik Tahu Selili, Bukit Stelleng, Tanjung Batu, Sungai Kerbau, Jembatan Mahkota 2, Teluk Cinta, Kampung Ketupat, Masjid Sirathal Mustaqiem, Kampung Tenun, dan Dermaga Pesut Etam.

Selama Ramadan kemarin atau hari biasa, Pesut Etam mengenakan tarif Rp50.000 untuk dewasa. Sementara untuk anak-anak di bawah umur 12 tahun, pelaku usaha kapal menerapkan biaya Rp25 ribu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
wisata

Editor : Bunga Citra Arum Nursyifani

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top