Kloter Pertama Embarkasi Balikpapan Bawa 454 Calon Jemaah Haji

Kelompok Terbang (Kloter) pertama jamaah calon haji Embarkasi Haji Balikpapan resmi diberangkatkan, Jumat (19/7).
Sophia Andayani
Sophia Andayani - Bisnis.com 20 Juli 2019  |  01:16 WIB

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Kelompok Terbang (Kloter) pertama jamaah calon haji Embarkasi Haji Balikpapan resmi diberangkatkan  Jumat (19/7).

Embarkasi Haji Balikpapan tahun ini melayani pemberangkatan calon jamaah haji untuk 4 provinsi yaitu Kalimatan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Utara berjumlah 15 kloter dengan total jamaah yang akan diberangkatkan sebanyak 6.737 orang.

Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah VII Balikpapan, Anung Bayumurti mengatakan, dalam pelaksanaan Angkutan Haji 2019 kloter 1 ini, berjalan aman dan lancar.

Kelancaran jamaah haji tahun ini tidak terlepas dari dukungan kerjasama antara stakeholder di antaranya, PT Angkasa Pura I, AirNav Indonesia, imigrasi, bea cukai Kementerian Agama (Kemenag), Pemerintah Provinsi Kaltim dan Pemkot Balikpapan.

"Alhamdulilah semua proses berjalan aman dan lancar, terima kasih kepada PT Angkasa Pura yang telah mempersiapkan fasilitas kelancaran pemberangkatan jamaah haji di bandar udara," kata Anung, Jum'at (19/7/2019)

Anung menjelaskan, sebelum keberangkatan calon jamaah haji di kumpulkan di Asrama Haji dan dilakukan pengecekan, hasilnya clear dan clean, diangkut dengan bus ke bandara, setelah itu para jamaah ditempatkan ke ruang tunggu internasional di bandara untuk pengaturan sebelum masuk pesawat.

Untuk mendukung kelancaran Angkutan Haji 2019, OBU VII menyediakan posko terkait pelaksanaan keselamatan, keamanan dan pelayanan selama Angkutan Haji.

Selain itu, untuk memaksimalkan pelayanan, pada tahun ini, ada perubahan pada sistem keberangkatan jamaah dengan menggunakan garbarata dengan tujuan memudahkan para calon penumpang.

Kloter pertama Balikpapan berangkat pada pukul 15.15 WITA dengan membawa sebanyak 454 jamaah dengan rincian pria sebanyak 184 orang, wanita sebanyak 270 orang.

Calon jamaah haji diberangkatkan menggunakan pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 4501 dari Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan menuju Jedah.

Informasi tambahan, untuk calon jamaah haji dari Kaltim berasal dari Samarinda, Tenggarong, Bontang, Sangatta, Tanjung Redeb, Penajam Paser Udara dan Tana Paser.

Semua calon jamaah haji akan transit dan menginap semalam di Asrama Haji Batakan, saat transit di asrama haji, para petugas akan melakukan pengecekan baik administrasi jamaah seperti paspor haji masing-masing hingga barang bawaan dan juga melakukan check–in untuk penerbangan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
balikpapan, Ibadah Haji

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top